Hilangkan Penat di Curug Lawe Semarang

Curug Lawe merupakan salah satu wisata alam di Semarang yang dinilai masih asri dan alami. Di sini, kamu bisa bertualang menyusuri jalan setapak di pinggir jurang menuju ke air terjun Curug Lawe. Seru deh!

Hilangkan Penat di Curug Lawe Semarang
Curug Lawe Ungaran. (Instagram/Issabella Journey)

Inibaru.id – Semarang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah, wisata air, wisata religi, sampai wisata alam bisa kamu temukan di ibukota Jawa Tengah ini. Nah, kalau kamu pengin wisata yang sejuk-sejuk sambil bertualang, Wisata Curug Lawe di kaki Gunung Ungaran bisa jadi salah satu pilihanmu, Millens.

Jalan menuju Curug. (Tripadvisor)

Curug Lawe merupakan salah satu wisata alam yang berada di sebelah barat Semarang, tepatnya di Desa Kalisidi, Kecamatan Gunungpati. Wisata ini bisa dibilang cukup populer di kalangan masyarakat Semarang dan sekitarnya. Hal itu karena nuansa alam dan suhu sejuk yang dihadirkan Curug Lawe sangat berbeda dengan Kota Semarang yang cukup panas.

Ketika kamu mengunjungi Curug Lawe, dari pintu gerbang kedatangan, kamu sudah bisa merasakan hawa sejuk dan pemandangan hijau di kanan kirinya. Panorama alamnya benar-benar masih asri.

Mulai memasuki objek wisatanya, kamu akan menuruni beberapa anak tangga sebelum akhirnya bertualang menyusuri jalan setapak di pinggir jurang. Jalan yang akan kamu telusuri ini akan memandumu untuk sampai ke air terjun. Eits, tapi hati-hati ya karena ada beberapa bagian jalan yang licin.

Selama perjalanan itu, suasana alam akan benar-benar terasa. Nggak hanya hawa sejuk, kamu juga akan mendengar kicauan burung dan pelbagai serangga yang hidup di hutan. Kalau kamu beruntung, kamu bisa bertemu dengan  lutung Jawa.

Di tengah perjalanan kamu juga akan melewati jembatan berwarna merah yang bernama Jembatan Romantis. Jembatan ini cocok untuk dijadikan spot foto, lo. Apalagi didukung latar belakang hijaunya alam dan aliran sungai yang bening bersih, fotomu bakal kelihatan ciamik!

Jembatan Romantis. (Rebanas)

Perjalanan menyusuri jalan setapak ini memang lumayan panjang. Namun, rasa lelahmu akan terbayar begitu sampai di lokasi air terjun atau curug ini.

Curug Lawe. (Metrotvnews)

Ada beberapa rute yang bisa kamu lewati bila hendak mengunjungi Wisata Curug Lawe.  Jika berangkat dari pusat Kota Semarang, kamu bisa menuju ke arah Universitas Negeri Semarang (Unnes) di Sekaran, Gunungpati. Setelah gerbang utama Unnes, akan ada pertigaan, ambilah jalur kanan. Lurus saja ikuti jalur tersebut sampai ada pertigaan lagi dan ambil jalur kanan.

Nanti kamu akan menemukan jalan raya. Nah, ambil jalur ke kanan lagi hingga Pasar Gunungpati. Dari pasar, luruslah sedikit sampai ada gang kiri jalan yang bertuliskan Curug Lawa dan Benowo. Ikutilah jalan itu.

Harga tiketnya lumayan terjangkau, Millens. Setiap orang hanya dikenai tiket masuk sebesar Rp 5 ribu, sedangkan biaya parkir motor yakni Rp 2 ribu. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06.00-15.00 WIB. Kalau kamu butuh refreshing, cobalah datang ke sini. (IB07/E04)