Seram tapi Mengasyikkan, Memburu Superman Big Sister di Goa Barat Kebumen

Seram tapi Mengasyikkan, Memburu Superman Big Sister di Goa Barat Kebumen
Spot di Goa Barat. (Instagram/hood_son)

Dalam keremangan cahaya kita akan menjejakkan kaki, berjalan di kubangan lumpur dan menyibak air setinggi pusar hingga dada. Memakan waktu lima jam perjalanan, semua terbayar begitu bersua Superman Big Sister, spot paling dicari di perut Goa Barat, Kebumen.

Inibaru.id – Pegunungan karst yang membentang di Kebumen membuat kabupaten yang berada di pesisir selatan Jawa Tengah itu memiliki sejumlah gua yang menawan, salah satunya Goa Barat. Lokawisata yang berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, ini menyajikan keindahan yang tiada duanya.

Dikenal sebagai gua dengan 100 air terjun, lokawisata ini begitu menawan dengan sajian istimewa bernama Superman Big Sister. Namun begitu, dibutuhkan usaha ekstrakeras jika kamu pengin menikmati keindahan di dalamnya.

Superman Big Sister adalah sebuah air terjun setinggi puluhan meter di dalam gua. Untuk mencapainya, kamu butuh sekurangnya lima jam perjalanan menyusuri perut gua. Ini tentu bukan perkara mudah. Kamu sangat disarankan untuk memakai peralatan khusus saat memasuki gua, misalnya baju coverall dan rompi pelampung.

Hm, rompi pelampung? Ya, medan yang kamu tempuh memang bakal berlumpur dan berair hingga setinggi pinggang orang dewasa. Maka, kalau memang pengin menyusuri Goa Barat, pastikan kondisi fisikmu prima karena medannya betul-betul menguras tenaga.

Perjalanan menuju Superman Big Sister. (Instagram/hood_son)

Saking beratnya medan di sana, ditambah minimnya penerangan, tak sedikit pengunjung yang akhirnya menyerah di tengah jalan dan memilih kembali ke mulut gua.

Eits, kendati berat, perjalanan caving-mu selama di Goa Barat bakal aman, kok, asalkan kamu ikuti perintah dan larangan instrukturmu. Para pemandu berpengalaman itu umumnya penduduk lokal yang tahu banyak tentang gua yang dikeramatkan masyarakat tersebut.

(Baca Juga: Keindahan Dalam Sorot Senter di Zona Gelap Goa Barat)

Oya, Superman Big Sister menjadi titik terjauh yang bisa ditempuh kamu saat menelusuri Goa Barat. Dari mulut gua, jaraknya sekitar tiga kilometer. Di sekitar tempat tersebut kamu bisa menikmati keindahan stalagmit dan stalaktitnya, sekaligus menembus banyaknya air terjun yang turun di sana.

Mengasyikkan? Tentu saja! Eits, tapi pastikan kondisi badanmu sedang dalam kondisi terbaik saat mencoba memburu Superman Big Sister ya. Puas-puasin deh! (IB20/E03)