Sepeda Motor Jadi Kendaraan Paling Pas saat Berkunjung ke Lembah Sumilir Karanganyar

Sepeda Motor Jadi Kendaraan Paling Pas saat Berkunjung ke Lembah Sumilir Karanganyar
Duduk-duduk di Gardu Pandang bisa jadi cara asyik menikmati Lembah Sumilir (Instagram)

Menikmati liburan di Lembah Sumilir tentu menyenangkan. Banyak spot instagenik, pemandangan menarik, serta sunset dan sunrise yang ciamik. Namun, berada di tempat wisata manapun ada aturannya. Apa saja yang sebaiknya kamu lakukan atau tidak?

Inibaru.id – Libur telah tiba! Menikmati hari libur panjang seperti sekarang ini, alangkah baiknya kalau nggak kamu gunakan dengan berdiam diri di rumah saja. Di luar sana, ada pelbagai lokawisata yang tentu saja menarik untuk dikunjungi.

Nah, kalau kamu sedang mudik di sekitar Solo, cobalah sempatkan waktu untuk berkunjung ke Kabupaten Karanganyar, tepatnya di Lembah Sumilir. Beragam spot instagenik menantimu, yang dipadu dengan pemandangan menawan. Bonusnya, tentu saja sunset yang bakal bikin harimu lebih romantis.

Namun, tentu kamu nggak pengin liburanmu di tempat yang berada di Dusun Milir, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, itu menjadi jauh dari ekspektasi lantaran kurang persiapan dong? Maka, sejumlah tips ini mungkin kamu perlukan saat berada di Lembah Sumilir.

  1. Jaga Lingkungan

Lembah Sumilir berada di wilayah kebun teh yang masih berproduksi. Sekitar tempat ini juga begitu asri. Maka, ada baiknya kamu betul-betul menjaga kondisi sekeliling lokawisata ini. Jagalah lingkungannya agar tetap baik, biar kamu bisa datang-datang lagi suatu saat nanti, salah satunya dengan nggak buang sampah sembarangan!

  1. Naik Kendaraan Roda Dua

Lokawisata ini cukup baru, sehingga akses dan fasilitas menuju tempat tersebut juga masih terbilang minimalis. Namun begitu, kamu tetap bisa berwisata dengan mengendarai sepeda motor. Pihak pengelola juga sudah menyediakan lahan parkir, jadi kamu tetap bisa piknik dengan leluasa.

  1. Pakai Baju Hangat

Lantaran berlokasi di lereng Gunung Lawu, sudah pasti tempat tersebut berhawa dingin, khususnya pada pagi hari atau menjelang malam. Bahkan, pada siang hari hingga menjelang senja pun kabut acap turun di tempat ini. Maka, mengenakan baju hangat saat berada di sana tentu menjadi pilihan tepat.

  1. Jangan Sendirian

Bukan, tentu saja ini nggak ada kaitannya dengan keamanan, tapi kesendirian itu nggak pernah menyenangkan! Ha-ha. Kecuali memang sedang pengin menepi sendiri, ada baiknya kamu mengajak sahabat, kerabat, atau pesangan ke sini. Apa enaknya selalu selfie atau menikmati sunset sendiri, kan?

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan nggak hanya di Lembah Sumilir, tapi juga lokawisata lain. Selamat berlibur panjang ya! (IB20/E03)