Sensasi Susuri Perut Bumi dengan Perahu Karet di Goa Tanding

Sensasi Susuri Perut Bumi dengan Perahu Karet di Goa Tanding
Goa Tanding. (goatanding.info)

Bersama teman-teman, menyusuri kedalaman Goa Tanding Gunung Kidul sungguh mengesankan. Kamu bisa merasakan susur sungai, menyaksikan stalagmit dan stalaktit, terapi ikan, sampai rappelling rope di sana.

Inibaru.id - Turut "hanyut" dalam aliran sungai yang mengalir memasuki mulut goa dan ke dalam perut bumi tentu menjadi sensasi petualangan yang menegangkan. Kita seolah ditelan makhluk besar dengan gigi-gigi stalagmit dan stalaktit runcing yang siap melumat kita. Hm, tertarik dengan "kengerian" itu semua?

Goa Tanding Gunungkidul adalah jawabannya. Berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, goa yang baru dikenal masyarakat ini berlokasi tepat bersebelahan dengan Goa Pindul yang sudah lebih dulu dikenal wisatawan.

Sumur menuju Goa Tanding di Gunungkidul. (goatanding.info)

Laiknya Goa Pindul yang dialiri sungai, Goa Tanding juga menjadi salah satu gua yang menarik dikunjungi pelancong  lantaran ada aliran sungai yang menggenangi gua tersebut. Air di kedua gua tersebut memang berasal dari sungai yang sama.

Goa Tanding. (goatanding.info)

Namun, kendati berdekatan, sensasi berkunjung ke Goa Tanding nggak lantas sama persis dengan saat kamu datang ke Goa Pindul, lo. Goa Tanding memiliki ruang yang lebih besar dan lorong yang lebih panjang.

Masuk ke sana, kamu bakal diajak untuk menelusuri goa melalui susur sungai sepanjang 450 meter menggunakan perahu karet berdaya tampung enam orang. Ini jelas berbeda dengan Goa Pindul yang susur sungainya "hanya" bisa memakai ban karet bekas roda truk (tubbing).

Goa Tanding. (tourjogjamasjo.com)

Saat memasuki goa selebar 1-8 meter dan tinggi 4-11 meter ini, kamu bakal merasakan suasana yang sunyi dan gelap. Namun nggak lama kemudian, kamu bakal melihat lekukan stalaktit tumpul berbentuk unik di langit-langit gua yang disinari lampu-lampu terang di dalamnya.

Goa Tanding. (goatanding.info)

Di kawasan wisata tersebut kamu juga bisa merasakan terapi ikan di air yang jernih dan mengalir, bukan pada kolam buatan seperti pada umumnya. Jika mencintai tantangan, kamu bisa saja mencoba rappelling rope menuju dasar goa. Di situ juga terdapat Kedung Buntung atau Dungbuntung serta mata air Sumber Ngancar yang indah.

Goa Tanding. (goatanding.info)

Hm, tampak menarik, bukan? Untuk memasuki lokawisata tersebut, kamu perlu merogoh kocek yang lumayan dalam, yakni sekitar Rp 150 ribu untuk tiket masuk. Biaya itu sudah termasuk fasilitas perahu karet, jaket pelampung, helm pelindung, sepatu karet, pemandu, makanan dan minuman, terapi ikan, parkir, dan lain-lain. Wah, komplet!

Nabung, nabung! Ha-ha. (IB20/E03)