Senja di Lembah Sumilir, Menikmati Merapi dan Merbabu yang Menguning di Kejauhan

Jika sore sangat cerah, puncak Gunung Lawu yang menjulang tinggi akan terlihat jelas dari sini. Hamparan kebun teh sejauh mata memandang pun turut menguning, menggelap, tapi di ujung barat, langit menjadi jingga. Hm, indahnya!

Senja di Lembah Sumilir, Menikmati Merapi dan Merbabu yang Menguning di Kejauhan
Lembah Sumilir. (Instagram/chietty_hunny)

Inibaru.id – Menjelang matahari terbenam menjadi waktu yang pas untuk berkunjung ke tempat ini. Lembah Sumilir namanya. Berada di Dusun Milir, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, lokawisata alam ini menyajikan sunset yang menawan.

Berlokasi di kaki Gunung Lawu bagian barat, kawasan yang berbukit-bukit menjadikan Lembah Sumilir menjadi lokasi yang pas buatmu menghabiskan sore yang cerah sembari berburu sunset di sana. Menikmati tempat ini bareng pasangan, kerabat, atau sahabat tentu menyenangkan.

Dengan catatan cuaca cerah, di sini kamu bakal bisa menyaksikan cahaya menguning saat matahari berangsur condong ke kbarat dan menerpa punggung Gunung Merapi dan Merbabu. Sungguh indah!

Gardu pandang di Lembah Sumilir. (Instagram/isni_mandaningrum)

Oya, dari tempat tersebut kamu juga bisa menyaksikan puncak Gunung Lawu yang menjulang tinggi. Pada posisi tersebut, gunung yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur juga akan terlihat jelas.

Sembari menunggu matahari terbenam, kamu yang datang agak siang bisa juga menikmati sejumlah spot instagenik yang ada di sana, di antaranya Rumah Hobbit yang banyak diburu untuk lokasi foto. Selain itu, ada juga gardu padang, menara kincir angin, dan ayunan yang bakal bikin fotomu dramatis.

Untuk menuju lokawisata yang dibanderol dengan harga Rp 5.000 ini, kamu cukup berkendara hingga tiba di pusat kota Karanganyar, lalu kearah Karangpandan melalui Jalan Solo-Tawangmangu.

Rumah Hobbit, salah satu spot selfie menarik di Lembah Sumilir. (Sewamobildijogja)

Begitu tiba di Pasar Kemuning, kamu tinggal lurus melewati Kebun Teh Kemuning dan Omah Kodok. Nah, Lembah Sumilir berlokasi sedikit agak ke utara dari dua tempat wisata yang juga menarik untuk dikunjungi itu.

(Baca Juga: Sepeda Motor Jadi Kendaraan Paling Pas saat Berkunjung ke Lembah Sumilir Karanganyar)

Kendati menarik untuk menyaksikan sunset di sana, ada baiknya kamu nggak berlama-lama di sana, karena setelah matahari benar-benar tenggelam, suasana di sana betul-betul gelap. Lebih baik kamu segera turun dan berhati-hatilah, karena jalur yang kamu lewati cukup gelap dan berkelok-kelok.

Gimana, Millens, tertarik menikmati Lembah Sumilir di Karanganyar? Sekira cuaca mulai cerah, nggak ada salahnya ke sana. Ajak gebetan, siapa tahu kamu nanti jadian! Ha-ha. (IB20/E03)