Menggali Jejak Purbakala di Situs Semedo Tegal

Menggali Jejak Purbakala di Situs Semedo Tegal
Situs Semedo di Kabupaten Tegal. (Twitter)

Berlibur nggak melulu harus ke pantai atau gunung, kan? Liburan sambil belajar sejarah justru bisa lebih asyik seperti di Situs Purbakala Semedo, Tegal ini.

Inibaru.id – Selama ini, objek wisata Guci jamak dijadikan rujukan pelancong saat berkunjung ke Tegal. Padahal, ada sejumlah objek wisata yang ciamik untuk liburan bareng keluarga selain Guci. Salah satunya adalah Situs Purbakala Semedo.

Berlokasi di Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal, situs terus dikembangkan pemerintah. Bahkan, sudah tersedia museum purbakala yang siap diresmikan di situs itu.

Salah satu fosil yang menjadi koleksi di Situs Semedo, bentuknya menyerupai gigi. (Tribunnews)

Desa yang terletak di bagian barat jajaran pegunungan Serayu Utara itu dulunya terbilang sepi. Masyarakat di sana mayoritas bertani sehingga hari-hari dilewatkan di sawah. Namun, semenjak Dakri (warga setempat) menemukan batu yang menyerupai kaki gajah pada 2005 lalu, warga berbondong-bondong menggali tanah sekitar tempat tinggal mereka. Eits, bukan untuk bertani, tapi untuk mencari artefak dan fosil di lingkungan setempat.

Gapura masuk desa Semedo, Kabupaten Tegal. (Jatengprov)

LSM Gerbang Mataram kemudian mempublikasikan hasil temuan yang ada di Semedo. Sejak itulah, nama Semedo mencuat dengan kekayaan fosilnya. Penemuan ini juga sampai pada Pemerintah Daerah yang kemudian diteruskan ke Balai Arkeologi Yogyakarta.

Hingga 2013 lalu, sudah banyak fosil yang ditemukan. Di tanah seluas 2,5 kilometer itu, lebih kurang ada 11 jenis fauna yang teridentifikasi. Ada pula himpunan artefak litik berupa batu masif dan nonmasif di situs Semedo.

Selain itu, ditemukan pula atap tengkorak Homoerectus dari awal Plestosen Tengah. Temuan ini tentunya menambah koleksi fosil manusia purbakala yang ditemukan di Pulau Jawa. Nggak kalah dengan Situs Sangiran di Jawa Timur.

Pondok informasi untuk masyarakat yang ingin menggali info seputar Situs Semedo. (Wisatategal)

Nah, dengan berkunjung ke Semedo, kamu bisa berlibur sekaligus berwisata sejarah, terutama fosil purbakala. Bagi warga Jawa Tengah bagian barat, nggak perlu jauh-jauh ke Sangiran atau Patiayam Kudus, cukup berkunjung ke Semedo, Tegal.

Bagi kamu yang suka dengan benda-benda purbakala atau yang doyan belajar sejarah, situs ini bisa jadi pilihan untuk dikunjungi saat ke Tegal. (IB23/E04)