Selain Sikunir, Sunrise di Bukit Pranji Juga Bikin Hati Adem!

Selain Sikunir, Sunrise di Bukit Pranji Juga Bikin Hati Adem!
Pemandangan sunrise dari atas Bukit Pranji serasa berada di negeri kayangan. (travelstoryofindonesia)

Bukit Pranji! Salah satu dataran tinggi di Kabupaten Kebumen ini memiliki pesona yang menakjubkan. Pemburu sunrise tidak boleh melewatkan momen fajar menyingsing dari bukit tersebut.

Inibaru.id – Menyoal keindahan mentari terbit di Jawa Tengah, Bukit Sikunir di Dataran Tinggi Dieng mungkin menjadi tempat yang paling direkomendasikan orang. Namun, jika memang kamu penikmat sunrise, mungkin kamu perlu menjajal Bukit Pranji.

Ada pada ketinggian 424 mdpl, berdiri di bukit yang berlokasi di Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, ini bakal serasa berada di negeri atas awan.

Sunrise yang Dramatis

Sunrise di Bukit Pranji. (kebumenwisata)<br>
Sunrise di Bukit Pranji. (kebumenwisata)

Jika kamu menginap di bukit ini, kamu bisa menyaksikan gugusan bintang yang serasa begitu dekat. Memandang sekeliling, di bawah sana kelap-kelip lampu kota di Kebumen bikin syahdu pemandangan malammu.

Nggak lama, sunrise yang dramatis bakal menyapamu. Bayangkan hangatnya mentari yang menjalar di wajahmu!

Sementara, dari kejauhan, siluet Gunung Sumbing dan Sindoro mulai tampak, pun dengan perbukitan Brujul dan Alian. Pesawahan, pemukiman warga, dan hamparan laut, juga mulai jelas terlihat nggak lama kemudian. 

Medannya Sulit, tapi Tetap Jadi Favorit

Pemandangan ketika mendaki Bukit Pranji. (santridanalam)<br>
Pemandangan ketika mendaki Bukit Pranji. (santridanalam)

Meski medan yang perlu kamu lalui cukup sulit, Bukit Pranji tetap menjadi lokawisata favorit bagi pemburu sunrise. Kamu yang suka mendaki atau sekadar hiking, bahkan penyuka fotografi, nggak ada salahnya menjajal tempat ini.

Selama perjalanan, kamu bakal disuguhi pepohonan hijau, area persawahan, dan kebun-kebun tanaman warga yang bikin hati senang. Jangan sungkan menyapa warga setempat, karena mereka cukup ramah.

Kalau belum punya agenda untuk akhir pekan ini, mungkin kamu perlu mempertimbangkan Bukit Pranji sebagai "pelarian"-mu. Siapa tahu, hati bakal lebih adem setelah melihat sunrise di sana. Yuk, siapkan bujet dan segera kemasi tas ranselmu! (MG25/E03)