Selain Menikmati Pemandangan, Kamu Bisa Lakukan Ini saat Berwisata ke Desa

Selain Menikmati Pemandangan, Kamu Bisa Lakukan Ini saat Berwisata ke Desa
Suasana desa yang hijau menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. (Lonely Planet)

Desa menjadi destinasi wisata yang menyenangkan bagi kaum urban. Setelah sehari-hari berkutat dengan pekerjaan, menepi di desa tentu menarik untuk dicoba. Namun, mau ngapain di sana? Sekadar selfie?

Inibaru.id – Desa, baik yang telah dikonsep menjadi kampung wisata atau masih alami, merupakan destinasi wisata yang diminati anak muda belakangan ini. Lokasinya yang asri dengan pemandangan menawan menjadi daya tarik tersendiri.

Namun, traveling menyambangi desa sebaiknya nggak berhenti di situ saja. Jangan sampai ketika di sana kamu hanya menikmati pemandangan lalu pulang membawa foto-foto selfie saja, karena sebetulnya ada beberapa hal yang sebaiknya kamu coba. Apa saja?

  1. Berolahraga

Berolahraga bersama penduduk lokal bakal menyenangkan.(Aworldtotravel)

Kualitas udara di desa yang jauh lebih baik ketimbang wilayah perkotaan bisa kamu manfaatkan untuk mengolah tubuh agar seperti di-recharge. Kamu bisa berjalan santai, lari-lari kecil, atau melakukan yoga di antara hijaunya pemandangan di sekelilingmu.

Saat berolahraga dan bertemu warga lokal, nggak ada salahnya kamu menyapanya. Kamu bisa menanyakan kabar mereka atau hal-hal yang nggak kamu ketahui dari desa itu, semisal rute jalan atau tempat tertentu. Warga desa yang ramah dijamin bakal bikin suasana jadi hangat.

  1. Menyapa Warga Lokal

Menyapa warga setempat perlu kamu lakukan saat traveling. (Stellar)

Jika kamu berada di tempat wisata, berlaku dan bertingkahlah laiknya masyarakat setempat. Sapalah warga lokal dan ajaklah ngobrol. Dengan begitu, kamu jadi tahu apa yang menjadi kebiasaan di desa itu dan tempat mana yang paling menarik untuk dikunjungi.

Tak berhenti di situ, berdekatan dengan warga lokal juga bakal memudahkanmu berlaku dan bertingkah seperti warga lokal. Apa lagi yang lebih indah selain diterima kehadirannya oleh masyarakat setempat?

  1. Ikuti Tradisi Setempat

https://www.inibaru.id/media-files/nuploads/1/umum/Nyadran%20Gunung%202.jpg

Kirab Nyadran Kali di Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang, yang diikuti wisatawan. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Jika kamu sudah cukup akrab dengan warga lokal, nggak menutup kemungkinan kamu bakal diajak mereka untuk mengikuti tradisi, ritual, atau prosesi setempat. Sulit ditolak, bukan? Namun, ini bagus. Barangkali dari situ justru banyak hal berkesan yang kamu dapatkan dari travelingmu di sana.

Sobat Millens, beruntunglah negeri ini masih memiliki wilayah pedesaan yang cukup terjaga tradisinya dan terawat budayanya. Nikmatilah kekayaan itu, karena mungkin kamu nggak bakal menikmatinya lagi saat kembali ke kota untuk kembali bekerja! Ha-ha. (IB20/E03)