Selain Brown Canyon Semarang, Ada White Canyon di Grobogan

Selain Brown Canyon Semarang, Ada White Canyon di Grobogan
White Canyon di Grobogan. (Netralnews)

Nggak hanya Kota Semarang yang punya tempat wisata dengan embel-embel canyon. Ada White Canyon di Grobogan yang nggak kalah spektakuler, Millens.

Inibaru.id – Di Indonesia, ada sejumlah tempat wisata dengan embel-embel canyon khas Amerika Serikat. Sebelumnya, kita mengenal Green Canyon di Pangandaran, Jawa Barat dan Brown Canyon di Kota Semarang. Nah, di Grobogan, Jawa Tengah, ada White Canyon.

Sebenarnya, White Canyon hanyalah nama keren dari Wisata Tugulasi yang ada di Desa Mrisi, Kecamatan Tanggungharjo, Grobogan. Sebutan ini muncul karena lokasi wisata ini berupa tebing-tebing menjulang di perbukitan kapur yang dianggap mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Layaknya Brown Canyon, White Canyon juga nggak terbentuk secara alami. Tebing-tebing berwarna putih ini adalah hasil dari penambangan kapur bertahun-tahun. Hingga kini aktivitas ini masih berjalan.

Kalau kamu pengin ke sana, pastikan untuk menyiapkan tenaga dan kendaraan yang tepat, ya? Maklum, kalau dari pusat Kota Purwodadi, jaraknya sekitar 30 km. Kalau kamu berasal dari Kota Semarang, bakal membutuhkan waktu lebih dari 1 jam. Kendaraan yang bisa kamu gunakan juga harus sepeda motor. Akses jalannya kecil dan berkelok-kelok sehingga kurang aman untuk mobil.

White Canyon di Grobogan adalah tempat penambangan kapur. (bukaaja.site)
White Canyon di Grobogan adalah tempat penambangan kapur. (bukaaja.site)

Selain itu, karena cuaca yang cukup terik, oleskan tabir surya dan pakai penutup kepala. Eh, jangan lupa bawa air minum dan camilan sendiri ya! Begitu semua persiapan matang, waktunya meluncur. 

Perjalanan yang cukup berat menuju lokasi bakal terbayar lunas begitu sampai di lokasi. Di samping nggak dipungut biaya alias gratis, kamu bakal disuguhi pemandangan bukit-bukit kapur berwarna putih yang instagrammable. Apalagi jika kamu tiba di sore hari atau sebelum matahari tenggelam. Sinar matahari yang berwarna kuning keemasan tentu akan membuat pemandangan di sana terlihat fantastis.

Di sana, kamu juga bisa menemukan goa bekas tambang yang dihuni ribuan kelelawar. Di siang hari, hewan ini bakal ditemukan menggantung di langit-langit goa. Nah, kalau di sore hari saat matahari terbenam, kelelawar ini akan keluar dari gua dan membuat pemandangan langit di sana bakal semakin spektakuler.

Eits, meski kamu bakal banyak menemukan hal menyenangkan di White Canyon, harus tetap hati-hati, ya? Ingat, lokasi ini adalah tambang kapur. Jadi, tebing-tebing yang merupakan dampak penambangan bisa saja runtuh tiba-tiba. Apalagi, nggak ada tanaman atau pengaman apapun yang menahan tebing-tebing tinggi tersebut.

Kamu juga disarankan memakai masker dan sepatu, bukannya sandal agar kakimu nggak mudah terluka kalau menginjak permukaan yang keras atau tajam.

Jadi, sudah siap main ke White Canyon di Grobogan, Millens? (Net, Sol/IB09/E05)