Perjalanan ke Dieng dari Alun-Alun Wonosobo, Menepilah Sejenak di Telaga Menjer

Telaga Menjer di Dieng merupakan salah satu danau dengan panorama indah. Dari telaga ini, keasrian alam dan sejuknya udara bisa dinikmati. Supaya makin asyik, telaga ini pun bisa dijelajahi dengan perahu sewa. Seperti apa sudut-sudut cantik dari tempat ini?

Perjalanan ke Dieng dari Alun-Alun Wonosobo, Menepilah Sejenak di Telaga Menjer
Telaga Menjer. (panduanwisatadieng.com)

Inibaru.id – Berangkat dari pusat kota Kabupaten Wonosobo menuju Dieng, mungkin kamu akan menemukan danau penuh pesona ini. Masyarakat setempat menyebutnya Telaga Menjer. Lokasinya yang berada di ketinggian 1.300 mdpl membuat danau tersebut begitu terasa sejuk.

Untuk menyelami keindahan Telaga Menjer, kamu bisa menyewa perahu warga setempat. Tarifnya nggak mahal kok, Rp 15 ribu saja per orang. Dengan harga segitu, kamu bakal diajak menelusuri telaga ini selama satu jam. Selain naik perahu, kalau mau mancing juga boleh, lo.

https://wonosoboekspres.files.wordpress.com/2015/05/menjer2.jpg

Telaga Menjer biasanya digunakan untuk memancing. (wonosoboekspres.files.wordpress.com)

Hijau pepohonan bakal menyergap matamu sepanjang perjalanan menyusuri telaga. Eh, selain menjadi tempat wisata, Telaga Menjer juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air, lo.

Konon, bendungan di telaga ini dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Kini, bendungan itu dikelola oleh PLTA Gerung, Millens.

https://wisatadipemalang.com/wp-content/uploads/2018/08/Telaga-menjer-IG.jpg

Naik perahu bikin "jalan-jalan"mu makin menyenangkan. (wisatadipemalang.com)

O ya, untuk menuju Telaga Menjer, kamu perlu menempuh waktu sekitar 8 kilometer dari alun-alun Wonosobo. Sesampai di Pasar Gerung, ambil arah ke kiri dan ikuti terus jalan itu sampai kamu melihat sebuah danau. Nah, danau itulah Telaga Menjer.

Ah, jadi pengin ke Telaga Menjer nih! Ada yang mau ikutan? (IB15/E03)