Bermalam di Dekat Curug Bayan? Bisa Kok!

Kawasan wisata Baturraden, Banyumas memang punya sederet air terjun yang bisa dikunjungi. Namun, yang membuat Curug Bayan istimewa karena ditunjang dengan fasilitas lain seperti penginapan dan cafe yang dekat dengan air terjun.

Bermalam di Dekat Curug Bayan? Bisa Kok!
Curug Bayan dilengkapi dengan fasilitas penginapan dan rumah makan. (Inibaru.id/ Ike Purwaningsih)

Inibaru.id - Bermalam di kawasan Curug Bayan, Baturraden, Banyumas nggak mustahil kok, Millens. Yap, agak berbeda dengan wisata alam air terjun yang biasanya jauh dari penginapan, pengelola Curug Bayan justru menyediakan penginapan berupa vila dan sejumlah warung di dekat tempat wisata ini.

Berada di Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Curug Bayan hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari Lokawisata Baturraden. Akses jalannya cukup mudah dan bisa dilalui kendaraan besar seperti bus. Jadi kalau kamu mau datang bersama rombongan, nggak perlu khawatir.

Beberapa warung dan gazebo ada di sekitar Curug Bayan. (Inibaru.id/ Ike Purwaningsih)

Curug Bayan memiliki ketinggian 7 meter dengan debit air yang nggak terlalu deras. Air yang terjun dari sumbernya jernih dan terasa segar. Nggak bakal menyesal untuk menceburkan diri dan bermain air di kolam alami itu, deh.

Bila capek bermain air, kamu bisa dengan mudah menemukan warung untuk memanjakan perut. Warung-warung yang berderet itu menyajikan menu yang beragam termasuk makanan khas Banyumas yaitu mendoan.

Mendoan, pisang goreng, dan kelapa bisa kamu nikmati di warung-warung yang berada dekat dengan Curug Bayan. (Inibaru.id/ Ike Purwaningsih)

Tempe yang digoreng setengah matang itu pas buat menemanimu menikmati air terjun yang berhawa sejuk. Nggak cuma mendoan hangat, ada banyak gorengan dan menu makan lainnya yang bisa kamu santap. Sebagai penutup, jangan lupa pesan kelapa muda. Slurrp!

Nah, untuk penginapan, letaknya nggak jauh dari Curug Bayan. Bahkan, kamu masih bisa menikmati curug itu dari vila tersebut. Letak vila berada di pinggir sungai yang merupakan aliran Curug Bayan. Hm, mantap nih tidur ditemani gemericik air.

Kamu bisa menginap di vila itu dengan membayar Rp 500 ribu per vila pada hari biasa. Sementara saat hari libur nasional, harganya naik menjadi Rp 800 ribu per kamar.

Fasilitas vilanya cukup komplet mulai dari aliran air hangat hingga sarapan. Bangunan vilanya pun dua lantai. Lantai satu sebagai gazebo dan lantai dua berupa kamar. Jadi, kalau bosan di kamar, kamu hanya perlu turun ke lantai satu untuk bersantai di gazebo kamar.

Aliran air dari Curug Bayan cocok digunakan untuk fun tubing. (Inibaru.id/ Ike Purwaningsih)

Kalau pengin punya pengalaman yang lebih menantang, kamu juga bisa berkemah dengan menyewa peralatan di sana. Nggak perlu khawatir kedinginan, ada fasilitas api unggun, kok. Sambil menghangatkan badan, sekalian bakar jagung juga enak, tuh! Ha-ha.

Oh iya, ada pula fasilitas outbond seperti permainan interaktif, flying fox, fun tubing, dan jungle treking. Untuk fasilitas itu, ada tarif khususnya.

Gimana, asyik kan? Kuy agendakan liburan di Curug Bayan bersama rombonganmu! Eits, jangan lupa siapkan uang sebesar Rp 7 ribu untuk tiket masuk, ya. Selamat berlibur! (IB10/E04)