Sebelum Mudik, Inilah yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil

Sebelum Mudik, Inilah yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil
Ajak kerabat jika jarak yang ditempuh jauh. (familyvacationcritic)

Mudik bagi ibu hamil bisa jadi kegiatan yang aman dan nyaman jika menerapkan beberapa hal. Supaya nggak mengalami gangguan selama perjalanan, hal-hal ini sebaiknya nggak diabaikan. Yuk, cari tahu lebih dulu apa saja yang perlu dipersiapkan!

Inibaru.id – Ibu hamil memiliki kondisi yang rentan untuk menempuh perjalanan jauh seperti mudik. Jika kamu sedang mengandung, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan supaya mudikmu tetap aman dan nyaman. Berikut hal-hal yang sebaiknya kamu perhatikan.

Konsultasi dengan Dokter Kandungan

Usia kehamilan pada trisemester kedua biasanya menjadi waktu yang paling aman untuk mudik. Jika kamu berencana melahirkan di kampung halamanmu, ini juga jadi waktu yang paling tepat. Jika masih nggak yakin, mintalah saran dari dokter kandungan supaya mudikmu tetap aman dan nyaman.

Bawa Obat-Obatan dan Catatan Medis

Catatan medis penting untuk dibawa supaya dokter yang kamu rujuk bisa mengetahui riwayat kehamilanmu. Selama di perjalanan, jangan pula sampai kelupaan membawa obat-obatan untuk janinmu.

Siapkan Bekal

Bekal seperti makanan berat hingga camilan perlu kamu siapkan dalam tasmu. Usahakan hindari mengonsumsi camilan-camilan tinggi kalori namun rendah nutrisi. Sebagai gantinya, bawa buah-buahan seperti apel, jeruk, atau pisang. Supaya nggak boros, belilah air di luar area transportasi umum ya.

Jangan Lupa Bergerak

Kendati sedang berada di transportasi umum, usahakan untuk tetap bergerak supaya kaki nggak bengkak. Sesekali lakukan jalan kecil menuju kamar mandi agar peredaran darah tetap lancar. Jika kamu malas berjalan kaki, ini akan membahayakan tubuhmu sendiri.

Dengan menerapkan tips-tips itu, mudikmu bakal lebih aman dan nyaman. Gimana, sudah sejauh mana nih persiapanmu Lebaran di kampung halaman? (IB15/E03)