Sebelum Menyelam, Cari Tahu Aturannya Dulu, yuk!

Sebelum Menyelam, Cari Tahu Aturannya Dulu, yuk!
Menyelam membutuhkan beberapa persiapan. (Okdivers.com)

sebelum menyelam, ada beberapa hal yang harus kamu pahami biar menyelammu berfaedah sekaligus tetap berada pada "jalur" yang benar. Ini juga berarti kamu sudah turut melestarikan lingkungan. Apa saja aturannya?

Inibaru.id – Berlibur ke pantai kurang lengkap rasanya kalau hanya berenang dan bermain air. Supaya makin seru, salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk mengisinya adalah dengan menyelam. Aktivitas yang satu ini memang mengasyikkan. Namun, perlu kamu ingat, keasyikanmu itu jangan sampai merusak lingkungan, ya, Millens!

Biar nggak merusak ekosistem dan lingkungan, ada aturan "nggak tertulis" yang perlu kamu ketahui sebelum memulai aktivitas menyelam. Hm, apa saja?

  1. Gunakan Produk Daur Ulang

https://s-i.huffpost.com/gen/789532/images/h-BUYING-GUIDE-640x362.jpg

Tas daur ulang (huffingtonpost.com)

Ketimbang membawa botol air sekali pakai yang ditaruh di kantong plastik kemudian menyisakan sampah di pantai, sebaiknya gunakan produk yang bisa didaur ulang. Untuk meminamalisasi pencemaran limbah di laut, sebaiknya bawa botol air dan tas yang bisa dipakai berkali-kali.

Kalau pun semisal terpaksa menggunakan produk sekali pakai di tempat tersebut, jangan lupa sampah punyamu dibawa pulang, ya!

  1. Selektif Memilih Produk Kimia

http://www2.padi.com/blog/wp-content/uploads/2013/10/kinesys_ointment.jpg

Pilih produk yang ramah lingkungan ya. (Padi.com)

Berencana membawa produk yang menunjang aktivitasmu? Boleh sih, tapi jangan lupa periksa kandungan kimianya, ya. Beberapa produk kecantikan mengandung microbeads yang bisa merusak koral. Jadi, sebelum berangkat menyelam, pastikan produkmu aman untuk kelestarian lingkungan, Millens!

  1. Jaga Kelestarian Taman Laut

Sejumlah pencinta lingkungan tengah berusaha merawat koral-koral di laut. Kalau nggak mampu merawat, setidaknya kamu nggak turut merusaknya, ya! (Infonawacita.com)

Saat menyelam, penting untuk menjaga jarakmu supaya nggak terlalu dekat dengan koral. Pastikan juga untuk berhati-hati dengan nggak menginjaknya. Jika kamu melihat sampah yang ditumbuhi koral, jangan buru-buru mengambilnya dan biarkan koral itu tumbuh. Selain itu, jangan memberi makan, menyentuh, mengejar, dan menangkap biota laut.

  1. Laporkan Aktivitas yang Mencurigakan

https://www.pe.com/wp-content/uploads/migration/nph/nphwl5-b88428038z.120150605164113000gp5a5jfu.10.jpg?w=535

Turut serta menjaga lingkungan itu keren, lo. (pe.com)

Nggak jarang wisatawan jadi sasaran empuk bagi para pedagang nakal. Para pedagang nakal ini memperjual belikan suvenir berbahan biota laut, padahal aktivitas tersebut melanggar aturan.

Nah, kalau kamu menjumpai aktivitas mencurigakan ini, jangan takut untuk melapor pada pihak berwajib, karena tindakanmu tersebut bisa menyelamatkan kelestarian lingkungan perairan. Keren, bukan?

Yap, jadi, yang perlu kita garis bawahi sesungguhnya adalah bahwa menjaga kelestarian lingkungan bukanlah semata tugas pengelola pantai atau aktivis kelautan. Kamu sebagai pengunjung pun harus mulai menumbuhkan kesadaran untuk ikut berpartisipasi mengurangi pencemaran lingkungan. Jadi, jaga kekayaan laut yang kita punya, kuy! (IB15/E03)