Sebelum Menjajal Serunya Snorkeling, Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut Ini!

Sebelum Menjajal Serunya Snorkeling, Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut Ini!
Serunya snorkeling. (Brasilmergulho)

Kendati terlihat mudah dilakukan, kegiatan snorkeling perlu memperhatikan beberapa hal biar tetap aman. Apa saja?

Inibaru.idSnorkeling adalah kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Sebagai negara kepulauan yang memiliki bentang pantai cukup panjang, Indonesia adalah surga bagi mereka. Mereka bersedia menjelajahi pantai-pantai di negeri ini demi memperoleh spot menyelam terbaiknya. 

Bagi mereka yang sudah terbiasa, snorkeling tentu menjadi hal yang mudah dilakukan. Nah, kalau kamu pemula, sebaiknya jangan langsung asal menyelam. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Cek dulu, yuk!

Periksa Peralatan dan Cara Pemakaiannya

Kadang, snorkel ada yang bocor. Supaya bisa digunakan dengan aman, memeriksanya adalah hal pertama yang harus dilakukan.

Selain snorkel, kelenturan kaki katak juga perlu diperhatikan. Kaki katak yang kaku bakal menyulitkan gerakan kakimu saat menyelam.

Kalau bingung dengan cara memakainya, mintalah bantuan temanmu yang sudah paham ya. Eh, bagi kamu yang berambut panjang, sebaiknya ikat dulu supaya gerakmu leluasa ya.

Jangan Memisahkan Diri

Kadang-kadang, karena tertarik dengan pemandangan bawah laut yang cantik, ada orang yang memutuskan menyelam terlalu jauh. Tanpa sadar, ini juga membuatnya memisahkan diri dari rombongan.

Kalau kamu masih belajar menyelam, sebaiknya ikuti arahan pemandumu supaya tetap aman.

Gunakan Snorkel untuk Bernapas

Selama menyelam, biasakan diri untuk bernapas menggunakan snorkel. Jangan panik karena itu justru akan menyulitkanmu.

Kalau air laut masuk ke hidung, nggak perlu buru-buru keluar dari air. Cukup embuskan napas dengan kuat dan air akan keluar membentuk gelembung-gelembung.

Jaga Kelestarian Laut

Terumbu karang dan biota laut yang indah adalah bagian dari kekayaan alam Indonesia. Kalau nggak pengin melihatnya rusak, ikutlah bertanggung jawab dengan nggak membuang sampah sembarangan.

Jangan pula mengambil sembarang benda yang kamu lihat di sana. Masih pengin keturunanmu melihat cantiknya laut Indonesia kan?

Sudah siap menyelam? Yuk, cus, menjelajahi lautan bersama gebetan, eh, bersama ikan-ikan! Ha-ha. (IB15/E03)