Sebelum Menginap di Hostel, 5 Hal ini Perlu Kamu Ketahui

Bagi kamu yang berlibur seorang diri, hostel adalah tempat yang tepat untuk menginap. Eits, tapi sebelum menginap di hostel, beberapa hal berikut perlu kamu perhatikan.

Sebelum Menginap di Hostel, 5 Hal ini Perlu Kamu Ketahui
Hal-hal yang diperhatikan saat menginap di hostel. (Booking)

Inibaru.id – Hostel kerap jadi pilihan para backpacker yang hanya butuh menginap sejenak. Selain harganya yang murah, konsep hostel yang seperti kamar asrama itu memungkinkanmu mendapatkan teman baru yang bisa diajak berkelana bareng.

Eits, tapi dengan konsep itu pula, kamu nggak bisa leluasa seperti saat tidur di hotel. Ada beberapa peraturan tidak tertulis yang perlu kamu ketahui. Berikut hal dasar yang perlu kamu tahu.

Perhatikan Kamar yang Akan Dipesan

Hostel biasanya memiliki tiga jenis kamar yaitu mix dorm yang berarti kamar campur untuk laki-laki dan perempuan, female dorm yakni kamar khusus perempuan, dan male dorm yang khusus untuk laki-laki seperti ditulis Travelingyuk.com (27/8/2016). Pastikan nggak salah pilih kamar ya, Millens.

Harga

Berbeda dengan hotel yang harus disewa per kamar. Di hostel, harga yang dipatok adalah harga per kasur. Karena inilah harga hostel lebih murah dibanding harga hotel.

Papan Vacant dan In Use

Perlu diingat, kamar mandi atau toilet di hostel nggak bersifat privat tapi untuk bersama. Di depan pintu kamar mandi biasanya tergantung papan tulisan vacant dan in use. Papan vacant menunjukkan kalau kamar mandi kosong, sedangkan in use sebaliknya. Nah, saat mandi, jangan lupa membalik papan ke tulisan in use, ya.

Masukkan Barang Berharga ke Loker

Hostel umumnya nggak menyediakan lemari. Pengunjung hanya disediakan loker untuk menyimpan barang-barang berharga. Ada hostel yang memberikan kunci loker, ada juga loker yang terbuka sehingga harus digembok. Karena satu kamar dipakai banyak orang, jangan lupa mengunci loker, ya.

Jangan Mengunci Pintu Kamar

Penjaga hostel biasanya akan memperingatkan tamu untuk nggak mengunci pintu kamar hostel karena nggak semua tamu memegang kunci kamar. Bila kamu menguncinya, tamu lain akan kesulitan masuk kamar. Kendati begitu, ada hostel yang menyediakan kunci untuk semua tamu kok, jadi nggak perlu khawatir.

Sobat Millens pernah menginap di hostel nggak nih? (IB24/E04)