Strategi Ciamik saat Berada di Sentra Penjualan Batik di Jateng: Tawar dan Pakai Bahasa Jawa!
Kalau pintar menawar, kamu bisa mendapatkan batik dengan harga yang murah. (Berita Metro)

Strategi Ciamik saat Berada di Sentra Penjualan Batik di Jateng: Tawar dan Pakai Bahasa Jawa!

Berbelanja adalah kegiatan yang menyenangkan, apalagi jika kamu terampil menawar. Nah, bagi kamu yang pengin berbelanja batik, ada beberapa tips yang bisa diterapkan supaya mendapatkan batik dengan harga murah. Apa saja ya?

Inibaru.id – Berbelanja batik di pusat penjualan batik menjadi pilihan sebagian orang. Selain menawarkan variasi yang lebih beragam, harganya pun bisa sangat miring, kalau kamu punya strategi yang pas.

Nah, sebelum berbelanja, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan biar bisa membeli dengan harga yang tepat. Apa saja ya?

Berbahasa Jawa

Berbahasa Jawa bakal memuluskan urusanmu dalam membeli batik. (Medium)

Kebanyakan penjual batik di gosir atau pasar penjual batik adalah orang Jawa. Maka, menggunakan bahasa Jawa adalah sebuah keharusan. Jadi, meski bukan orang Jawa, belajarlah ngomong bahasa Jawa untuk menyapa dan tawar-menawar.

Berbahasa Jawa terbukti ampuh meluluhkan hati para penjual. Kamu bakal lebih luwes menawar. Dengan menunjukkan identitasmu, penjual pun akan sungkan memberi harga yang mahal.

Tawar Setengah Harga

Menawar setengah harga adalah koentji! Ha-ha. (Albatique)

Jangan ragu menawar setengah harga dari penjual. Kalau penjual masih belum mau melepas, naikkan sedikit demi sedikit tawaranmu.

Oya, tapi pertimbangkan juga apakah kios yang kamu datangi kecil atau besar. Kalau kiosnya kecil, jangan menawar dengan harga yang terlalu rendah ya. Mereka berjualan, bukan mengemis!

Beli yang Banyak

Membeli beberapa batik sekaligus bisa menjadi cara agar harganya lebih murah. (Indoblognet)

Kalau kamu naksir beberapa jenis batik, nggak ada salahnya menawar dengan membujuk penjual bahwa kamu akan membeli dengan jumlah yang banyak.

Semakin banyak batik yang kamu beli, besar kemungkinan kamu akan mendapatkan harga khusus.

Jangan Memaksakan Diri

Jangan memaksakan diri kalau penjual nggak mau kasih harga yang kamu inginkan. (Tribunnews)

Kalau penjual sudah menolak tawaranmu, sebaiknya carilah toko lain! Bersikukuh menawar dengan harga yang nggak disepakati hanya akan memancing perdebatan. Namun, kalau barang itu cukup susah dicari dan kamu pengin banget memilikinya, mau nggak mau ya kamu harus terima harga dari penjual tersebut.

Dengan menerapkan tips-tips itu, belanja batik akan jadi lebih seru dan menantang. Keterampilanmu dalam bernegosiasi juga diuji. Siap berburu batik? (IB15/E03)