Sambangi Menu Kuliner dan Sentra Batik di 3 Tempat Ini; Nyaman di Perut, Nyaman di Kantong!
Selain beli batik, kamu juga bisa berburu kuliner legendarisnya. (Republika)

Sambangi Menu Kuliner dan Sentra Batik di 3 Tempat Ini; Nyaman di Perut, Nyaman di Kantong!

Capai berburu batik di kota-kota legendaris, jangan lupakan kuliner khasnya.

Inibaru.id – Seperti makanan, batik juga menjadi identitas suatu daerah. Maka, saat kamu berburu batik khas di sebuah kota, lihatlah sekeliling atau tanyalah masyarakat sekitar, karena kamu pasti bakal menemukan kuliner khas daerah itu nggak jauh dari sentra penjualan batik.

Yap, konon, di mana ada sentra produksi batik, di situ pulalah pusat kuliner legendaris bertumbuh. Di Jawa, hal itu bisa kamu temukan sekurangnya di tiga kota, yakni Yogyakarta, Rembang, dan Pekalongan. Jadi, sembari berburu batik, kamu bisa sekalian berwisata kuliner, Millens!

Es Dawet dan Batik Yogyakarta di Pasar Beringharjo

Ramainya pemburu batik di Pasar Beringharjo Yogyakarta. (Spionase-news)

Pasar Beringharjo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Yogyakarta. Nggak hanya batik Yogyakarta, beberapa jenis batik dari luar kota bisa pula kamu jumpai di sana.

Selain berbelanja batik dengan harga murah, kamu bisa mencoba berbagai makanan di sana. Salah satu makanan yang perlu kamu coba adalah Es Dawet Mbah Hari. Rasanya? Coba sendiri deh!

Lontong Tuyuhan dan Batik Rembang di Kampung Batik Lasem

Sentra batik Rembang di Kampung Batik Lasem. (Gpswisataindonesia.wordpress)

Batik Lasem adalah batik dengan corak khas wilayah pesisir Rembang, Jawa Tengah. Batik dengan warna-warna berani ini dijual dengan harga Rp 200 ribu hingga Rp 6 juta.

Jika kamu pengin memilikinya, nggak ada salahnya membelinya langsung di Kampung Batik Lasem. Selain membeli batik, jangan lupa cicipi lontong Tuyuhan yang menjadi makanan khas di kabupaten ini.

Soto Tauto dan Batik Pekalongan di Pasar Grosir Setono

Sentra batik Pekalongan di Pasar Grosir Setono. (Infopublik)

Jika sedang melewati jalur pantura, nggak ada salahnya berhenti dan mampir ke Pasar Grosir Setono. Sebagai sentra penjualan batik di Pekalongan, pasar ini juga menjadi persinggahan para wisatawan. Batik dengan harga Rp 200 ribu hingga Rp 4 juta bisa kamu dapatkan di sana.

O ya, jangan lupa makan soto tauto yang jadi kuliner khas kota ini ya. Ada banyak penjual soto tauto di depan pasar ini, lo.

Batik tentu nggak hanya bisa didapatkan di ketiga tempat itu. Kalau di kotamu, adakah sentra batik dan kuliner seperti ketiga tempat tersebut, Millens? (IB15/E03)