Rayakan Imlek, Sam Poo Kong Jadi Lokawisata Andalan di Semarang

Rayakan Imlek, Sam Poo Kong Jadi Lokawisata Andalan di Semarang
Salah satu bangunan di Sam Poo Kong. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Sebagai salah satu kelenteng terbesar di Semarang, Sam Poo Kong menjadi destinasi yang menarik dikunjungi saat Imlek. Ada apa saja ya?

Inibaru.id – Kota Semarang merupakan salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi kala perayaan Tahun Baru Imlek. Yap, banyaknya penduduk keturunan etnis Tionghoa membuat perayaan Imlek di Kota Lunpia terasa semarak.

Salah satu destinasi wisata untuk perayaan Imlek adalah Sam Poo Kong, kelenteng yang dipercaya sebagai bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama laksamana Tiongkok beragama Islam bernama Zheng He atau Cheng Ho.

Fyi, Cheng Ho dikenal memiliki armada laut terhebat sepanjang masa, lo. Dia juga berjasa menyebarkan ajaran Islam di Semarang. Hm, nggak heran kalau Sam Poo Kong punya nilai historis tinggi, ya!

Salah satu arca yang menghiasi Sam Poo Kong. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Dimulai pada 1 Februari 2019, perayaan Imlek di Sam Poo Kong berlangsung selama lima hari. Beragam acara memeriahkan Imlek di sana setiap harinya, mulai dari berbagai perlombaan, atraksi barongsai, hingga festival lampion.

Ada juga tenda-tenda makanan yang menyajikan makanan khas Tiongkok maupun Indonesia. Jadi, nggak bakal khawatir kelaparan setelah lelah mengitari Sam Poo Kong, deh.

Puncak Acara

Puncak acara perayaan Imlek diselenggarakan pada Selasa, 5 Februari lalu. Serangkaian acara disajikan dengan apik untuk menghibur pengunjung yang datang.

Kerennya, acara perayaan Imlek di Sam Poo Kong tetap memadukan budaya Tiongkok dan Indonesia. Keduanya berpadu dengan selaras, Millens. Sebut saja misalnya penampilan barongsai khas Tiongkok dengan Reog Ponorogo, serta penampilan drumblek yang merupakan kesenian dari Semarang.

Barongsai jadi salah satu pertunjukan yang paling diminati saat Imlek di Sam Poo Kong. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Pengunjung yang datang pun nggak hanya didominasi oleh etnis Tionghoa saja. Nggak sedikit pengunjung dari beragam etnis lain ikut hadir dan menyaksikan perayaan Imlek dengan penuh suka cita.

Hm, damai sekali ya rasanya menyaksikan kerukunan masyarakat seperti itu. Yap, perbedaan nggak selalu menakutkan, bukan?

Wisata Kelenteng

Mengunjungi Sam Poo Kong nggak hanya menarik saat perayaan Imlek saja, kok. Kelenteng itu tetap memiliki daya tarik kapan saja kamu mau mengunjunginya.

Yap, di sana kamu bisa menyusuri bangunan dengan arsitektur khas Tiongkok yang membuatmu merasa seperti ada di Negeri Tirai Bambu betulan. Nggak hanya itu, kamu juga bisa menyaksikan langsung prosesi umat Tionghoa beribadah di kelenteng. Nah, jadi makin tambah pengetahuan kan?

Sam Poo Kong selalu menarik untuk dikunjungi. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Kalau Sobat Millens berwisata ke Sam Poo Kong, jangan abai untuk tetap menjaga kesopanan ya! Ingat, lokawisata itu juga merupakan tempat beribadah, lo. Jangan sampai eksistensi kamu saat berwisata mengganggu umat yang sedang beribadah.

Oke deh, selamat berlibur dan Selamat Tahun Baru Imlek ya! Gong xi! Gong xi! (Mayang Istnaini/E03)