Sediakan Puluhan Wahana Permainan, Saloka Theme Park Jadi Magnet Wisata Baru di Jawa Tengah

Kini, Jawa Tengah punya taman rekreasi tematik yakni Saloka Theme Park. Di sana terdapat 22 wahana permainan yang asyik untuk dicoba. Bahkan, ke depannya akan ada 3 tambahan wahana lagi, lo.

Sediakan Puluhan Wahana Permainan, Saloka Theme Park Jadi Magnet Wisata Baru di Jawa Tengah
Saloka Theme Park. (KRJogja.com)

Inibaru.id – Taman rekreasi tematik Saloka Theme Park resmi dibuka pada Sabtu (15/12/2018) lalu. Dalam acara pembukaan taman tematik yang diklaim paling besar di Jawa Tengah ini tampak hadir Walikota Salatiga Yulianto dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Dewi Pramuningsih.

Walikota Salatiga Yulianto menyebut keberadaan Saloka Theme Park bakal meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Semarang dan Salatiga. Sebagai contoh, wisatawan bisa datang ke Saloka tapi menginap dan wisata kuliner di Salatiga. Serujuk dengan hal itu, Dewi Pramuningsih menyebut keberadaan taman rekreasi tematik ini akan meningkatkan jumlah wisatawan ke wilayah Jawa Tengah dengan signifikan.

Saloka Theme Park berlokasi di Desa Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang. Posisi Saloka Theme Park persis di samping jalan utama Semarang-Solo. Jika kamu berkendara dari Semarang, Saloka Theme Park bisa ditemukan hanya beberapa kilometer sebelum Kota Salatiga atau sekitar 40 km dari ibukota Jawa Tengah tersebut. Tempat ini juga mudah dijangkau wisatawan yang memulai perjalanan dari Solo, Magelang, dan Yogyakarta.

Kompas.com, Minggu (16/12) menulis, pemilihan nama Saloka berasal dari nama Ki Hajar Salokantara yakni ayah dari Baru Klinting yang merupakan tokoh utama cerita Legenda Rawa Pening. Diharapkan, nama ini bisa membuat Saloka juga ikut melegenda.

Terdapat 22 wahana yang bisa dinikmati di Saloka Theme Park. Bahkan, rencananya jumlah wahana ini akan ditingkatkan menjadi 25. Penamaan wahana-wahana ini juga sangat unik. Sebagai contoh, bianglala justru diberi nama Cakrawala dan jet coaster diberi nama Lika-Liku.

“Ada mainan yang mirip dengan piring berputar. Awalnya dari pihak produsen berkata nama mainan ini adalah Disko. Namun, karena yang naik pasti berteriak, kami namai saja dengan Bengak-Bengok (bahasa Jawa dari berteriak),” ungkap Teddy Darmanto, Managing Director PT Panorama Indah Permai yang mengelola taman bermain ini.

Kalau sobat Millens tertarik untuk mencoba destinasi anyar ini, siapkan saja uang sebanyak Rp 96 ribu per orang. Namun, di akhir pekan, tiket masuknya berbeda yakni Rp 120 ribu per orang. Dengan uang tersebut, kamu nggak perlu lagi keluar biaya tambahan untuk menjajal semua wahana di dalamnya. Lumayan hemat, kan? (IB09/E04)