Salah Kaprah! Borobudur di Magelang, Inilah Candi-Candi dari Jogja 

Salah Kaprah! Borobudur di Magelang, Inilah Candi-Candi dari Jogja 
Candi Borobudur di Magelang, bukan di Jogja. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Lokasi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta memunculkan perdebatan di dunia maya, sebetulnya Candi Borobudur berada di mana? Nggak sedikit yang berpikir candi yang dibangun semasa Dinasti Sailendra itu berlokasi di Jogja. Padahal, Candi Borobudur di Magelang. Candi-candi inilah yang dari Jogja!

Inibaru.id – Ketenaran Candi Borobudur nggak hanya familiar di telinga turis Tanah Air. Nggak sedikit wisatawan mancanegara yang mengetahui "teratai raksasa yang terapung di atas bukit" ini. Sayangnya, sebagian orang berpikir, candi yang diarsiteki Gunadharma itu berlokasi di Yogyakarta, padahal keliru.

Yang benar, candi Buddha itu berada di Kecamatan Borobudur, sekitar tiga kilometer dari Kota Mungkid, ibukota Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Nggak hanya orang Magelang yang sewot saat Candi Borobudur dianggap ada di Yogyakarta. Orang Jogja pun banyak yang jengah dan nggak terima.

Jadi, kalau menginap di Kota Yogyakarta, untuk ke Candi Borobudur kamu perlu menempuh perjalanan sejauh sekitar 39 kilometer dulu ke arah Magelang.  Tentu saja ini bukanlah jarak yang pendek. Namun, sepertinya nggak semua orang memedulikannya.

"Salah kaprah" ini memang telah berlangsung lama, salah satunya karena para agen travel biasa bikin paket wisata di Yogyakarta dengan memasukkan Candi Borobudur sebagai bagian dari paket itu. Padahal, sejatinya provinsi istimewa itu juga punya banyak candi eksotik yang menarik disambangi.   

Apa saja candi-candi itu?

Candi Kalasan

Candi Kalasan. (Flickr/Anandajoti Bhikkhu)
Candi Kalasan. (Flickr/Anandajoti Bhikkhu)

Candi Kalasan berlokasi di Desa Kalasan, Sleman, DIY. Candi dengan 52 stupa ini hanya berjarak dua kilometer dari Candi Prambanan, tepatnya di selatan jalan raya Yogya-Solo. Candi ini termasuk dalam candi Buddha.

Kalau mau masuk ke sana, tiketnya hanya Rp 5.000 kok, Millens. Murah meriah, ya?

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko. (Flickr/Anandajoti Bhikkhu)
Candi Ratu Boko. (Flickr/Anandajoti Bhikkhu)

Candi Ratu Boko sering diburu fotografer yang ingin mengabadikan matahari tenggelam. Candi ini juga populer lantaran sempat muncul di film Ada Apa dengan Cinta 2. Lokasi candinya berada di Jalan Raya Piyungan–Prambanan No 2 Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman.

Nah, untuk masuk di bekas bangunan istana ini, kamu harus menyiapkan uang Rp 40 ribu.

Candi Ijo

Candi Ijo. (Flickr/Andy Rahman)
Candi Ijo. (Flickr/Andy Rahman)

Candi ini hanya berjarak sekitar empat kilometer dari Candi Ratu Boko, tepatnya di Jalan Candi Ijo, Nglengkong, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Candi ini dianggap yang paling tinggi lokasinya di DIY.

Kalau mau ke sana, siapkan uang Rp 5.000 untuk membayar tiket masuknya, ya?

Candi Sambisari

Candi Sambisari. (Flickr/Shankaronline)
Candi Sambisari. (Flickr/Shankaronline)

Candi Sambisari ada di Purwomartani, Kalasan, Sleman, DIY. Untuk memasuki candi bercorak Hindu ini, kamu hanya perlu menyiapkan uang Rp 5.000.

Duh, masih Senin. Akhir pekan masih lama, ya? Ya sudah, simpan dulu saja daftar candi-candi dari Jogja itu. Oh ya, sekali lagi perlu kamu ingat, Borobudur di Magelang, ya! Ha-ha. (Idn/IB09/E03)