Pesona Surgawi Grojogan Kedung Kayang

Ada air terjun dengan panorama surgawi. Namanya Grojogan Kedung Kayang di perbatasan Kabupaten Magelang dan Boyolali, Jawa Tengah. Seperti apa sensasinya?

Pesona Surgawi Grojogan Kedung Kayang
Grojogan Kedung Kayang. (spotunik.com)

Inibaru.id – Menikmati panorama alam di sela-sela kepadatan pekerjaan merupakan kegiatan surga duniawi yang diminati banyak orang. Ya, nggak terkecuali berburu panorama epik dan sejuk di Grojogan Kedung Kayang. Objek wisata itu berada di daerah perbatasan Kabupaten Magelang dan Boyolali, yakni Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dan Desa Klakah , Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

Millens tahu, selain ada di daerah perbatasan, wisata air terjun tersebut berada di jalur wisata SSB (Solo-Selo-Borobudur), serta diapit oleh dua gunung juga lo, yakni Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Alhasil Grojokan Kedung Kayang menghasilkan aliran deras dari alur Sungai Pabelan yang berasal dari kedua gunung tersebut. Wah, jadi penasaran akan kesegaran airnya ya.

Nggak lepas dari cerita masyarakat, seperti ditulis laman ixotrsnsport.com, nama Kedung Kayang diperoleh dari para empu yang berdomisili di sekitar wilayah air terjun tersebut. Mereka adalah Empu Panggung, Empu Putut, dan Empu Khalik. Pada zaman dahulu, mereka sering mengadakan pertemuan di lokasi air terjun tersebut. Mereka percaya Sungai Pabelan memberi berkah bagi warga sekitar. Yap! Jadi begitu cerita singkatnya ya, Millens. Selalu ada cerita di balik sebuah nama.

Nah, akses menuju objek wisata Grojokan Kedung Kayang itu mudah. Lantaran berada di 3 km dari objek wisata Gardu Pandang Ketep Pass, searah menuju Kabupten Boyolali, wisata air terjun tersebut mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi atau umum dengan kondisi jalan beraspal yang baik.

Kendati mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan, untuk menuju lokasi grojokan tersebut kamu harus berjalan sekitar 200 m atau bisa ditempuh selama 20 menit dari lokasi parkir kendaraan.

Nah, setibanya di lokasi, kamu akan disajikan dengan panorama yang ciamik dari tiap sudut yang dimiliki oleh Grojokan Kedung Kayang. Baik dari atas, samping atau depan, air terjun tersebut tetap terlihat menawan.

Oya, untuk menikmati keindahan Grojogan Kedung Kayang kamu bisa datang setiap hari lo, jadi nggak usah khawatir tutup jika pada hari biasa kamu ingin berkunjung ke wisata tersebut. 

Harga tiket? Sangat terjangkau pastinya. Hanya dengan Rp. 2500/orang, kamu bisa menikmati keindahan yang disajikan oleh wisata Grojokan Kedung Kayang. Mengutip wisatangehits.com, di lokasi wisata tersebut juga disediakan berbagai fasilitas penunjang oleh pihak pengelola, seperti tempat untuk istirahat, tempat makan, toilet, tempat perkemahan, dan sebagainya. Ini semua untuk membuat para pengunjung bisa lebih nyaman berada di lokasi wisata.

Menyajikan air terjun dengan ketinggian sekitar 40 m dan posisi kemiringan tebingnya sekitar 80 derajat, kemegahan Grojogan Kedung Kayang memesona banget. Lantaran lokasi wisata tersebut berada di ketinggian sekitar 950 mdpl, guyuran airnya sangat menyejukkan bagi para wisatawan. Eits, meski relatif aman tapi jangan keasyikan mandi di bawah air terjun tersebut lo, hehehe….

Jadi, kapan kamu mau mampir ke Grojokan Kedung Kayang? (IB11/E02)