Sajian Alam dan Legenda di Dalam Goa Jatijajar

Goa Jatijajar adalah tempat wisata yang memberikan pengunjungnya pengalaman memasuki perut bumi yang menakjubkan. Nggak hanya itu, goa ini juga memberikan kisah sejarah, mitos, dan legenda yang erat dengan budaya setempat. Paket lengkap!

Sajian Alam dan Legenda di Dalam Goa Jatijajar
Goa Jatijajar. (cukuptaulah.blogspot.com)

Inibaru.id - Menginjakkan kaki ke Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, nggak komplet kalau belum berkunjung ke Goa Jatijajar. Ada banyak hal menarik yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke sana. Nggak cuma bisa mengagumi tiap jengkal tanahnya, goa ini juga memiliki kisah sejarah yang menarik untuk disimak.

Satu lorong di Goa Jatijajar. (pesonaidn.blogspot.com)

Dari pusat kota, goa ini berjarak sekitar satu jam perjalanan berkendara. Kamu tinggal mengikuti rute Kebumen-Karanganyar-Gombong. Begitu tiba di Kecamatan Ayah, ikuti petunjuk menuju Goa Jatijajar, ya!

Patung dinosaurus yang mengeluarkan air di mulut goa adalah ikon dari tempat wisata itu. Di situ, kamu bisa mulai mengabadikan diri dengan berswafoto.

Warna-warni lampu di Goa Jatijajar. (pegipegi.com)

Oya, kamu nggak perlu risau soal pencahayaan di dalam goa tersebut, karena pihak pengelola telah memasang banyak lampu sebagai sumber penerangan kendati letaknya berada di perut bumi. Stalagmit dan stalaktit akan segera menyambutmu begitu kamu memasuki mulut goa. Hm, sudah seperti masuk ke mulut naga yang dipenuhi gigi-gigi runcing saja!

Selain stalagmit dan stalaktit, kamu juga bakal disambut delapan diorama dengan 32 patung buatan manusia yang semuanya menceritakan legenda Raden Kamandaka atau terkenal dengan legenda Lutung Kasarung.

Sejumlah patung di Goa Jatijajar. (kidsklik.com)

Nggak hanya Legenda Lutung Kasarung saja yang melekat pada kemegahan Goa Jatijajar. Ada beberapa mitos dan kepercayaan yang cukup menjadi magnet wisatawan berkunjung ke sana. Salah satunya adalah mitos yang berhubungan dengan sungai di dalam goa tersebut. Konon air sungai itu mampu menjaga wajah awet muda dan mewujudkan cita-cita.

Untuk masuk Goa Jatijajar, kamu bakal dikenai tiket sebesar Rp 7.000. Kamu nggak perlu takut membawa kendaraan pribadi ke sana, karena pihak pengelola telah menyediakan lahan parkir yang cukup memadai. Tempat tersebut juga dilengkapi dengan area bermain anak, tempat ibadah, tempat makan, dan toko suvenir.

Goa Jatijajar. (wisatajateng.com)

Kalau kamu pengin mengeksplorasi lebih dalam goa kapur tersebut, datanglah pada hari kerja yang labih lowong. Kalau musim liburan semacam ini dijamin lokawisata alam tersebut bakal dipadati pengunjung.

Terus, kalau berencana menginap. kamu bisa mencari penginapan di sekitar Pantai Ayah karena di sekitar Goa Jatijajar belum ada penginapan.

Goa Jatijajar. (pesonaidn.blogspot.com)

Yuk, yang lagi mudik di sekitar Kebumen atau kebetulan melintasi kota tersebut, jangan lupa mampir ya! (IB20/E03)