Relief-Relief Indah yang Memesona Mata Itu Ada di Gua Kiskendo Yogyakarta

Relief-Relief Indah yang Memesona Mata Itu Ada di Gua Kiskendo Yogyakarta
Bentuk bebatuannya indah kan? (Yogyes)

Bebatuan dengan bentuk yang unik selalu menarik untuk diamati. Di Yogyakarta, tepatnya di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, terdapat sebuah gua indah, yaitu Gua Kiskendo. Selain untuk dinikmati keindahannya, gua ini rupanya sering dikunjungi untuk wisata rohani, lo.

Inibaru.id – Gua menjadi tempat di mana orang bisa menyaksikan indahnya pahatan alam. Di dinding serta langit-langitnya, bebatuan membentuk ornamen yang unik. Jika kamu berencana melakukan penjelajahan alam, Desa Jatimulyo di Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta pantas masuk daftar tujuanmu.

Di desa ini, terdapat sebuah gua indah yang disebut Gua Kiskendo. Gua yang ditemukan pada 1820 ini mulai menarik wisatawan pada 1964.

Dengan makin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke sana, Dinas Pariwisata Yogyakarta akhirnya mengelola tempat ini secara resmi. Pengunjung yang datang ke Gua Kiskendo biasanya bermaksud untuk melakukan wisata religi.

https://cdn2.tstatic.net/jogja/foto/bank/images/goa-kiskendo.jpg

Ada sembilan pertapaan di Gua Kiskendo. (Tribunnews)

Masuk ke dalam gua, kamu bakal menjumpai sembilan pertapaan di sana. Tledek, Kusuman, Padasan, Santri Tani, Semelong, Lumbung Kampek, Selumbung, Seterbang, dan Sekandang adalah nama-nama pertapaan di gua ini.

Tiba di tengahnya, terdapat gentong kecil berisi air. Pengunjung bisa meminum air yang berasal dari stalagtit itu.

Untuk menikmati keindahan Gua Kiskendo, tarif Rp 5.000 tentu relatif terjangkau. Gua Kiskendo dibuka pukul 08.00 dan tutup pukul 17.00 WIB. Wisatawan bisa datang ke sana setiap hari, lo.

Hm, gimana, tertarik datang ke sana? Jangan lupa mengabadikan objek-objek unik dan menarik di sana ya. (IB15/E03)