Rayakan Kemerdekaan ala The Pikas: Pungut Sampah, Jelajah Sungai, dan Upacara Bendera!

Sebanyak 150 peserta dari berbagai komunitas mengikuti upaacra peringatan HUT RI di Sungai Serayu, Banjarnegara. Dalam acara ini peserta diwajibkan untuk memunguti sampah sebelum upacara dan menjelajahi sungai sepanjang 14 kilometer di Sungai Serayu.

Rayakan Kemerdekaan ala The Pikas: Pungut Sampah, Jelajah Sungai, dan Upacara Bendera!
Upacara di Sungai Serayu, Banjarnegara. (The Pikas Resort)

Inibaru.id – Peringatan Kemerdekaan RI selalu menjadi momen sakral yang dirayakan di pelbagai sudut di Indonesia dengan menggelar upacara plus pembacaan teks Proklamasi. Tak hanya di sekolah atau instansi pemerintah, momen sakral itu juga digelar di lokasi yang unik seperti puncak gunung atau kedalaman lautan, nggak terkecuali tahun ini.

Di Banjarnegara, Jawa Tengah, sebanyak 150 peserta mengikuti upacara kemerdekaan di Sungai Serayu pada 17 Agustus 2019 lalu. Para peserta dari berbagai komunitas tersebut mengikuti ritual pengibaran bendera Merah-Putih dan pembacaan teks Proklamasi di atas 30 perahu karet dan 3 perahu kayak.

Upacara memperingati HUT RI di Sungai Serayu, Banjarnegara. (The Pikas Resort)

Semula, upacara bendera itu hanyalah acara tahunan The Pikas Resort. Namun, lantaran cukup menarik minat peserta umum, untuk keempat kalinya acara yang yang kebetulan bertepatan dengan ulang tahun ke-7 The Pikas ini kembali dilangsungkan.

Sebelum upacara digelar, seluruh peserta terlebih dahulu menjelajahi Sungai Serayu dengan perahu arung jeram. Bertolak dari Desa Bojanegara, mereka menyusuri sungai sejauh 14 kilometer hingga tiba di The Pikas Resort sebagai penyelenggara.

Peserta upacara menaiki perahu karet. (The Pikas Resort)

Pungut Sampah

Bertujuan mengajak masyarakat mencintai alam, khususnya daerah sekitar sungai, para peserta sehari sebelumnya juga sudah diwajibkan untuk memungut sampah plastik yang ada di bantaran Serayu. Ahmad Fajar, salah seorang panitia, menuturkan, ini bertujuan agar masyarakat, khususnya anak muda, nggak membuang sampah di sungai.

"Kami ingin membantu mengembalikan sungai sebagai sumber kehidupan," ungkapnya, "meski saya tahu itu nggak mudah."

Belakangan, The Pikas memang dikenal sebagai salah satu lokawisata di Banjarnegara yang menunjukkan kepeduliannya terhadap pelestarian lingkungan. Ini ditunjukkan salah satunya dengan kampanye bertajuk sungai bersih dari sampah plastik dan limbah.

Hm, ada makanan tradisional yang disediakan seusai upacara! (The Pikas Resort)

Seusai melaksanakan upacara bendera, peserta pun disuguhi dengan berbagai makanan tradisional khas kabupaten yang berbatasan langsung dengan Banyumas tersebut, di antaranya buntil dan aneka urap. Habis panas-panasan terbitlah kenyang! Ha-ha.

Wah, menarik! Acara seperti ini, nih, yang perlu terus diadakan! Jadi, nggak cuma bersenang-senang, kamu juga bisa dapat banyak faedahnya! Berminat datang ke acara ini tahun depan? (IB18/E03)