Ranto Canyon, Tempat untuk Kamu yang Bernyali Besar

Ranto Canyon, Tempat untuk Kamu yang Bernyali Besar
Menuruni tebing bantu di Ranto Canyon. (Instagram.com/rizkiawanabdian)

Menceburkan diri ke aliran sungai di Ranto Canyon bersama teman-teman adalah salah satu bentuk piknik asyik. Syaratnya, siapkan nyali dan stok hati-hati yang banyak!

Inibaru.id - Kamu sedang mencari piknik seru apa yang bisa memacu adrenalin? Di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, ada wisata alam yang indah bernama Ranto Canyon. Hampir sama dengan Green Canyon di Pangadaran, Ranto Canyon merupakan tempat wisata berupa aliran sungai yang dikelilingi tebing-tebing tinggi.

Tempat wisata yang oleh masyarakat setempat dikenal dengan nama Leuwih Ranto ini beralamat di Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Rute menuju ke sana nggak sulit kok, Millens. Dari pusat kota Brebes, kamu tinggal menuju ke daerah Salem. Nah, dari situ sudah ada beberapa papan penunjuk jalan menuju lokasi.

Ranto Canyon. (ksmtour.com)

Sekadar saran, jika pengin ke sana, sebaiknya pakailah kendaraan pribadi, yaitu sepeda motor. Waktu terbaik berkunjung ke sana adalah saat hari biasa, yaitu Senin sampai Jumat.  

Datang ke sana berarti kamu sudah siap dengan segala permainan mendebarkan yang superseru. Selain berenang, di Ranto Canyon kamu tentu akan ditantang untuk melakukan cliff jumping ataupun body rafting. Wow!

Ranto Canyon. (Pinterest.com/@ukhtiutti)

Hm, sebelum melakukan itu, sebaiknya kamu menyusuri aliran sungainya dulu. Sepanjang 769 meter pengarungan, kamu bakal disuguhi pemandangan tebing besar yang mengapit sungai. Bentuk bebatuan yang besar dan unik pasti bakal bikin kamu takjub.

Di tengah perjalanan menyusuri aliran sungai, ada spot yang cukup menantang. Kamu dipaksa menuruni tebing terjal dan batu besar menggunakan tali. Benar-benar harus ekstrahati-hati ya, Millens!

Ranto Canyon. (pictoxo.com)

Nggak punya nyali? Nggak usah ke sana! Keseruannya memang terasa kurang maksimal jika kamu hanya berdiam diri. Tapi, jangan khawatir, selain bisa melihat pemandangan tebing-tebing yang indah, kamu juga bisa melihat kebun teh, air terjun, dan goa saat melakukan penyusuran. Jadi, mari piknik ke Brebes! (IB20/E03)