inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Rangkaian Imlek Meriah di Kota Magelang, Penuh Warna-warni Kembang Api
Selasa, 17 Jan 2023 17:13
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Ilustrasi: Pesta kembang api bakal kembali memeriahkan perayaan Imlek di Kota Magelang. (Antarafoto/ Muhammad Ayudha via Detik)

Ilustrasi: Pesta kembang api bakal kembali memeriahkan perayaan Imlek di Kota Magelang. (Antarafoto/ Muhammad Ayudha via Detik)

Mumpung PPKM sudah dicabut, jalan-jalan yuk menyaksikan kemeriahan Imlek dan Cap Go Meh di Kota Magelang. Ada rangkaian acara seru dan menyenangkan dari pertunjukan kembang api dan kirab budaya yang sayang untuk dilewatkan.

Inibaru.id – Buat kamu yang punya rencana merayakan Imlek, Magelang mungkin bisa kamu pertimbangkan. Pasalnya, kota tersebut bakal menggelar rangkaian perayaan Imlek maupun Cap Go Meh yang seru banget. Setelah PPKM dicabut oleh pemerintah, kamu bisa menyaksikan pesta kembang api.

"Kembang api malam tahun baru (Imlek) ada, Cap Go Meh juga ada. Malam tahun barunya itu nggak sebesar Cap Go Meh," kata Wakil Ketua Harian Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio Magelang, Gunawan sebagaimana dikutip dari DetikJateng, Minggu (15/1/2023).

Sebagai informasi, pesta kembang api ini bakal digelar dua kali saat malam tahun baru Imlek dan Cap Go Meh lo. Gunawan menjelaskan jadwal pesta kembang api itu sesuai dengan pengajuan izin ke Pemkot Magelang. Pengunjung nantinya dapat menikmati pertunjukan kembang api yang lebih lama ketika Cap Go Meh dibanding saat menyambut Imlek.

"Kalau itu (malam tahun baru) cuma sebentar lima sampai 10 letusan, itu hanya simbol saja. Yang Cap Go Meh mungkin lebih lama, ya 10 menit. Ya pertama (setelah pandemi). Kita sudah mengajukan izin ke Pemkot juga," ujarnya.

Eits, bukan cuma pesta kembang api pada malam tahun baru Imlek dan Cap Go Meh, Millens. Pihaknya juga bakal menggelar kirab budaya pertama setelah pandemi. Kirab itu bakal digelar pada Minggu (5/2) dan dimulai pukul 09.00 WIB.

Kelenteng Liong Hok Bio Magelang. (Tripadvisor/Debora Dolan)
Kelenteng Liong Hok Bio Magelang. (Tripadvisor/Debora Dolan)

Kalau kamu tertarik menyaksikan kirab budaya, berikut ini rutenya:

Kirab budaya dimulai dari TITD Liong Hok Bio kemudian menyusuri Jalan Pemuda, belok kiri menuju Jalan Mataram- Jalan Sriwijaya- Jalan Kalingga-Jalan Tarumanegara dan kembali lagi menuju Jalan Sriwijaya. Rombongan kemudian menuju Jalan Majapahit-Jalan Sigaluh dan kembali menuju TITD Liong Hok Bio.

Jadwal serta rangkaian Imlek di Kelenteng Liong Hok Bio Magelang:

Minggu (22/1): pesta kembang api pukul 00.00 WIB di TITD Liong Hok Bio Magelang.

Minggu (5/2): kirab budaya yang juga dilangsungkan pertama setelah pandemi dimulai pukul 09.00 WIB.

Minggu (5/2): perayaan Cap Go Meh dimeriahkan dengan pesta kembang api pukul 21.00-22.00 WIB di TITD Liong Hok Bio Magelang.

Wah, seru banget ya? Yuk ah, melipir ke Magelang, Millens! (Siti Zumrokhatun/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved