Ragam Desa Wisata di Jateng, Mulai Menari di Tanon hingga Ruwatan Rambut Gimbal di Dieng

Wilayah yang masih asri yang dipadu dengan pemandangan menawan menjadikan Jawa Tengah sebagai tempat yang nyaman untuk dikunjungi wisatawan. Keindahan itu didukung masyarakat yang ramah, yang kini mendirikan desa-desa wisata. Mana saja yang menarik?

Ragam Desa Wisata di Jateng, Mulai Menari di Tanon hingga Ruwatan Rambut Gimbal di Dieng
Salah satu prosesi Ruwatan Rambut Gimbal di Desa Wisata Dieng Kulon, Banjarnegara. (Budayajawa)

Inibaru.id – Budaya dan tradisi Jawa masih tersimpan dengan rapi di kantong-kantong desa di Jawa Tengah. Bahkan, sejumlah desa menjadikan tradisi tersebut sebagai hiburan rakyat yang menarik cukup banyak pengunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tak hanya unsur kebudayaan yang kental, sejumlah desa yang kini dipromosikan sebagai desa wisata ini juga menyajikan suasana alam pedesaan yang masih asri lengkap dengan penduduknya yang ramah. Maka, nggak heran kalau desa-desa tersebut kini menjadi andalan pariwisata di Jateng. Mana saja?

Desa Wisata Budaya Tanon, Semarang

https://www.inibaru.id/media-files/nuploads/1/umum/Desa%20Menari%20Tanon.jpg

Menari bersama anak-anak di di Dewi Menari Tanon. (Antara/ Aditya Pradana Putra)

Desa Wisata Budaya Tanon acap disebut Desa Menari. Sebelum dikenal sebagai desa wisata, Dusun Tanon adalah wilayah kumuh dan miskin. Namun, Trisno, seorang warga setempat, mengubahnya menjadi desa yang punya daya saing.

Kalau kamu datang ke Dusun Tanon, kamu bakal disuguhi berbagai pertunjukan tari tradisional seperti Tari Topeng Ayu, Kuda Debog, Kuda Kiprah, dan Warok Kreasi.

Desa Wisata Kandri, Semarang

https://www.inibaru.id/nuploads/1/umum/Nyadran%20Gunung%202.jpg

Prosesi Kirab Nyadran Kali di Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang pada Kamis (14/2/2019) pagi. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Masih di Semarang, desa wisata yang satu ini berlokasi nggak jauh dari pusat kota Semarang. Penduduk  Desa Kandri masih menjaga dengan baik alam dan budayanya. Mereka juga rajin menggelar agenda tahunan.

Setiap tahun, masyarakat Desa Kandri memiliki agenda seperti pertunjukan kesenian wayang kulit, wayang suket, jathilan, ketoprak, dan kesenian lesung. Selain itu, ada juga Kirab Sesaji Rewanda dan Kirab Nyadran Kali.

Desa Wisata Dieng Kulon, Banjarnegara

Ruwatan Rambut Gimbal di Desa Wisata Dieng Kulon. (Dowisata)

Berada di Dataran tinggi Dieng, desa wisata ini dikenal lantaran setiap tahun menyelenggarakan Dieng Culture Festival yang diikuti dengan ritual Ruwatan Pemotongan Rambut Gimbal. Tak hanya itu, Dieng Kulon juga dikenal sebagai penghasil kentang.

Desa Wisata Candirejo, Magelang

Desa Wisata Candirejo. (Warungwisata)

Suasana pedesaan khas Jawa tersedia semua di sini. Wisatawan menyebut desa yang berada sekitar tiga kilometer dari Candi Borobudur ini sebagai desa asli Jawa. Yap, ini karena segala unsur tentang pedesaan Jawa bisa kamu temukan di tempat tersebut.

Desa Wisata Budaya Lerep, Semarang

Upacara Sadranan di Desa Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. (Myimage)

Desa Lerep memiliki beberapa adat yang menarik untuk diketahui. Masyarakatnya juga masih menjalankan beberapa tradisi yang tak kalah menarik untuk diikuti. Misalnya, kamu bisa mengikuti Kadeso atau kirab budaya yang merupakan wujud syukur atas berkah dan rezeki.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti Gejlok Lesung yang merupakan kebiasaan masyarakat setempat untuk menumbuk gabah kering.

Nah, gimana, banyak pilihan wisata di Jawa Tengah kan, Millens? Kalau kamu pengin menikmati suasana pedesaan di Jateng, datang saja ke sana! Selamat berlibur! (IB20/E03)