Geleang, Pulau Kecil di Karimunjawa yang Penuh Pesona

Hampir semua pulau di Karimunjawa menyimpan eksotismenya masing-masing, nggak terkecuali Pulau Geleang. Kendati termasuk kecil, pulau yang berada di sisi barat Pulau Karimunjawa itu memiliki pesona yang bakal bikin kamu nggak akan melupakannya. Apakah itu?

Geleang, Pulau Kecil di Karimunjawa yang Penuh Pesona
Pulau Geleang (nasirullahsitam.com)

Inibaru.id – Kepulauan Karimunjawa di Jepara, Jawa Tengah, adalah surga bagi para pencinta suasana pantai dan laut. Nah, Pulau Geleang adalah salah satu primadonanya. Kendati terhitung pulau kecil, pulau berpasir putih itu menjadi salah satu lokawisata di Karimunjawa dengan pemandangan palingkeren.  

Mengutip Piknikasik.com, Geleang hanya memiliki luas daratan sekitar 24 hektare. Meski demikian, pesona alamnya jauh melampaui ukurannya yang mini. Hampir tiap hari pulau tersebut ramai dikunjungi pengunjung.

Menawarkan panorama yang indah dan menawan dengan pantai pasir putihnya yang cantik dan bersih, siapa yang nggak tergoda untuk mengunjunginya? Air lautnya juga jernih dengan jajaran pohon kepala dan cemara yang rindang di sekeliling pulau.

Ayunan di Pulau Geleang yang biasa menjadi spot foto wisatawan. (idntimes.com)

Berkunjunglah saat air laut tengah surut, karena akan ada pantai landai yang seluas lapangan sepak bola di tempat itu. Kamu bisa berpuas-puas bermain di pantai putih di sana.

Di pulau yang berada di sebelah sisi barat Pulau Karimunjawa itu, banyak aktivitas liburan dan bersantai yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa berjemur (tanning), bermain pasir pantai, berswafoto dengan latar pemandangan yang kece, atau berenang di tepian pantai yang cukup dangkal.

Selain itu, bagi kamu yang hobi memancing, ada spot memancing yang memungkinkanmu memperoleh ikan yang cukup besar. Kemudian, untuk kamu yang suka menyelam atau snorkeling, ada banyak spot terumbu karang di sekeliling pulau dengan biota lautnya yang masih alami.

Pulau "mini" di Kepulauan Karimunjawa yang ramai dikunjungi wisatawan. (httpkarimun.blogspot.co.id)

Eits, tapi kamu perlu berhati-hati saat mengeksplorasi Geleang, karena masih banyak ikan pari di perairan dangkal pulau tersebut yang. Sebagai informasi, ikan pari memiliki sengatan beracun yang cukup berbahaya buatmu.

Santap Seafood

Puas berjalan-jalan di Geleang, paling engak menikmati santap siang, atau bisa berbuka kalau berkunjung pas Ramadan, dengan seafood yang dimasak barbeque atau ikan bakar sembari bersantai di bawah rindangnya pepohonan. Hm, terdengar seru, bukan?

Membakar ikan di Pulau Geleang. (irvanadamblog.wordpress.com)

Kalau sehari di Geleang nggak cukup memuaskanmu, kamu bisa kok membawa tenda dan berkemah di sana. Ada sumur yang menyediakan air tawar di pulau tersebut. Fasilitas toilet di tempat itu juga cukup memadai. Namun, ingat, jangan lupa menyewa kapal untuk perjalanan pulangmu nantinya.

Untuk menuju Geleang, kamu bisa menggunakan kapal wisata dari pelabuhan rakyat di Karimunjawa dengan waktu tempuh sekitar 1-1,5 jam. Namun, sebelum pergi, kamu harus mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke sana, karena Geleang hanya bisa dikunjungi ketika musim kemarau atau musim timur, yakni saat arah angin berasal dari timur.

Pada musim kemarau dan musim timur, curah angin dan ombak sedikit terhalang bukit atau gunung di Pulau Karimunjawa. Sementara, pada musim hujan atau musim barat (arah angin berasal dari barat), kapal harus melawan angin dan ombak laut. Ini akan menyulitkan kapal menuju Geleang sekaligus berbahaya bagi keselamatan penumpangnya.

Pulau Geleang. (Piknikasik.com)

Well, jika kamu ingin mencari suasana pulau yang nggak terlalu luas sehingga bisa kamu jelajahi, Geleang bakal cocok untukmu. Jadi, mumpung masih musim kemarau, yuk bikin rencana perjalananmu! (IB05/E03)