Puas di Desa Wisata Kenalan Magelang: Traveling, Kulineran, dan Belanja

Puas di Desa Wisata Kenalan Magelang: Traveling, Kulineran, dan Belanja
Gunung Gondopuro Wangi. (Instagram/visitkenalan)

Tikar pandan dengan warna dan corak yang menarik; Slondok krepus; Gunung Gondopuro; Sendang Kuntul. Keempat hal tersebut menjadi alasan mengapa kamu harus mampir ke Desa Kenalan, Kabupaten Magelang. Kamu yang gemar menjelajah tempat baru, sebaiknya nggak melewatkan desa ini.

Inibaru.id – Pagi menjadi waktu yang tepat untuk menyantap slondok krepus. Camilan khas Desa Kenalan, Kabupaten Magelang, ini bakal makin nikmat jika disajikan dengan teh. Kamu yang asing dengan slondok krepus, mungkin harus mencobanya jika berkunjung ke desa yang lokasinya berjarak sekitar 14 kilometer dari Candi Borobudur ini.

Usai sarapan dengan slondok krepus, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu coba di sana. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi Gunung Gondopuro Wangi.

Di gunung ini, para wisatawan biasanya berziarah ke makam tiga tokoh yang disegani masyarakat. Tiga pemuka agama tersebut adalah Kyai Raden Ahmad Kusumo, Kyai Pangeran Prawiro Gondo Kusumo, dan Kyai Raden Prawira Kusumo. Mereka menjadi orang-orang yang membantu perjuangan Pangeran Diponegoro, lo.

Selain menengok makam ketiga tokoh tersebut, jangan lupa mampir ke Sendang Kuntul ya. Masyarakat setempat percaya bahwa air di Sendang Kuntul bisa menyembuhkan penyakit gatal dan mata. Hm, percayakah kamu dengan mitos ini? Nggak ada salahnya, lo, mencoba mencuci muka dan bagian tubuh lainnya di sana. Siapa tahu, air ini memang berkhasiat. Ha-ha.

Puas bermain-main di sendang, saatnya berbelanja. Kamu yang sedang membutuhkan tikar, sebaiknya belilah tikar pandan produksi Desa Kenalan. Tikar-tikar ini tentu memiliki pelbagai corak dan warna yang cantik. Kamu bisa memilih warna dan corak mana yang sesuai seleramu.

Wah, kapan-kapan pengin berkunjung lagi ke desa ini, ah. Selain beli tikar pandan, jangan lupa borong slondok krepusnya untuk camilan di tengah perjalanan ya. He-he. (IB15/E03)