Ramah Kantong, Piknik Tipis-Tipis di Pasar Karetan Kendal yuk!
Berayun di hammock jadi favorit anak-anak yang mengunjungi Pasar Karetan Kendal. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Ramah Kantong, Piknik Tipis-Tipis di Pasar Karetan Kendal yuk!

Piknik bersama keluarga nggak harus mahal. Di Pasar Karetan Kendal, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas murah yang cocok untuk seluruh anggota keluargamu. Yang gratis tis tis juga ada kok. Penasaran?

Inibaru.id - Musim liburan seperti sekarang memang paling cocok dihabiskan bersama keluarga. Nggak perlu jauh jauh, di Pasar Karetan yang terletak di Jl. Sasak 3, Dusun Krajan, Desa Meteseh, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal ini bisa jadi salah satu pilihan untuk mengisi liburan.

Tujuan utama tempat yang dibuka setiap Minggu pukul 06.00 hingga 12.00 WIB ini adalah sebagai pasar wisata atraktif. Di samping berbagai produk kuliner, kamu juga bisa menemukan berbagai fasilitas seru yang sayang untuk dilewatkan.

Cobalah egrang atau bakiak yang bisa kamu mainkan dengan gratis. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Sesuai dengan namanya, Pasar Karetan berada di samping hutan karet. Berbagai gubuk, gazebo serta pendapa dibangun di tengah pohon sengon yang menjulang tinggi. Meski cuaca panas, semilir angin dan teduh gubuk yang berjejer bikin suasana jadi adem. Sambil menikmati berbagai hidangan, kamu juga bisa menjelajah ke area lain di pasar karetan.

Di depan panggung utama, kamu bisa menjajal berbagai permainan tradisional seperti egrang atau bakiak yang bisa dimainkan secara gratis. Buatmu yang sudah dewasa nggak perlu sungkan untuk bermain, permainan ini nggak cuma diperuntukkan untuk anak-anak saja lo.

Berbagai wahana gratis yang lain seperti melihat peternakan sapi yang supergemuk atau bergelentungan di hammock juga bisa jadi pilihan. Rerata pengunjung anak-anak lebih suka "bergelantungan" di hammock sambil bercanda dengan teman. Sudah seru, gratis lagi!

Berfoto di depan pendapa dengan menuntun sepeda ontel juga sayang untuk kamu lewatkan. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Kalau ingin yang sedikit menantang, kamu bisa menjajal panahan dengan tarif Rp15 ribu saja. Dijamin, kamu akan menjadi pusat perhatian penonton jika bisa mengenai target. He he. Pengin belajar membatik? Tersedia juga lapak yang menyediakan fasilitas membatik dengan tarif Rp20 ribu. Hasil membatikmu juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Senangnya!

Selain itu, kamu juga bisa berfoto ala tempo dulu di dalam atau depan rumah tradisional dengan pakaian tradisional Jawa. Berfoto dengan kostum Jawa tentu berbayar ya, Millens! Tapi buatmu yang nggak mau mengeluarkan biaya, bisa lo berpose ala-ala selebgram di depan pendapa sambil menuntun sepeda. Hasil fotonya juga nggak kalah bagus!

Oh ya, kamu nggak akan dikenai biaya untuk masuk ke Pasar Karetan, Millens! Tunggu apa lagi Millens? Yuk segera agendakan piknik bareng keluarga! (Zulfa Anisah/E05)