Spot-Spot di Negeri Atas Awan, Tempat Indah untuk Mengukir Kenangan

Spot-Spot di Negeri Atas Awan, Tempat Indah untuk Mengukir Kenangan
Bukit Sikunir, spot terbaik menyaksikan sunrise di Dieng, Jawa Tengah. (wonderfulldieng.com)

Datang ke satu kawasan dengan banyak alternatif tempat wisata, itulah Dieng. Satu dua hari nggak akan cukup untuk menjelajahinya. Spot mana saja yang menarik?

Inibaru-id - Berada di Dataran Tinggi Dieng, kamu pasti nggak bakalan mati gaya. Di tempat berudara bersih dan berhawa sejuk itu, kamu bisa bebas memilih tujuan untuk menghabiskan waktu dengan berfoto, bercengkarama bareng teman bahkan menyendiri.

Ya, karena nggak hanya satu, di sana ada beberapa tempat indah yang nggak bikin kamu rugi saat mengunjungi dataran tinggi yang membentang di empat kota tersebut. Berikut adalah beberapa spot apiknya!

Gardu Pandang Dieng

Gardu pandang Dieng. (kompasdieng.net)

Dengan membayar tiket terusan sekitar Rp 10.000, kamu sudah mendapatkan akses penuh ke lokasi wisata termasuk gardu pandang. Pemandangan luar biasa mulai dari ladang yang luas, pemukiman penduduk dan Gunung Sindoro dapat kamu lihat dari gardu pandang.

Candi Arjuna

Candi Arjuna. (vacationbaliindonesia.com)

Di candi ini, kamu berkesempatan menjelajah Kompleks Percandian Arjuna yang terdiri atas beragam candi cantik seperti Arjuna, Srikandi, Sembadra, dan Semar. Nggak jauh dari situ, kamu juga bisa menikmati keindahan Candi Setyaki dan Telaga Balekambang.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang. (northbackpacker.com)

Di kawah ini, terdapat fenomena alam berupa lava cair dengan titik didih antara 85-100 derajat Celsius. Asap putih pekat kerap menghiasi kawah ini. Jangan heran pula kalau kamu membaui aroma belerang. Oya, saat asyik berfoto di sini, kamu jangan sampai mendekat ke area bibir kawah ya, Millens! Yap, karena bibir kawah itu area yang rawan longsor.

Telaga Warna

Telaga Warna. (dakatour.com)

Pesona utama tempat wisata ini adalah keindahan air telaga yang bisa berubah-ubah. Suasana di sini yang masih asri dan sejuk juga pas banget buat kamu yang pengin bersantai. Di sekitar Telaga Warna, kamu juga bisa menjumpai tempat wisata lain yang nggak kalah menarik, yaitu Goa Semar, Goa Jaran, Goa Pengantin, dan Telaga Pangilon.

Dieng memang punya banyak pilihan tempat wisata. Jadi, jika mau datang ke sana, sebaiknya kamu tentukan dulu hendak ke mana. Jangan sampai kebingungan ya, Millens! (IB20/E03)