Pesona Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Di lereng Gunung Lawu ini ada objek wisata Kebun Teh Kemuning. Di sana kamu bisa memanjakan mata dengan melihat perkebunan yang hijau dan luas. Ada wahana-wahana yang seru juga, lo.

Pesona Kebun Teh Kemuning Karanganyar
Kebun Teh Kemuning Karanganyar (wisatasolo.id)

Inibaru.id – Apakah kamu sudah punya rencana liburan akhir pekan ini? Kalau belum, kamu bisa mencoba mengunjungi objek wisata Kebun Teh Kemuning di Karanganyar, Jawa Tengah ini, Millens. Tempat ini menawarkan pemandangan yang begitu menyegarkan mata. Cocok banget deh buat kamu yang sedang penat dengan hiruk pikuk kota.

Baca juga:
De Tjolomadoe, Bekas Pabrik Gula yang Jadi Tempat Wisata Hit
Berfoto di Antara Ratusan Kupu-kupu di Alian ButterflyPesona Laguna di Pantai Bopong Park

Berada di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, daerahnya bersuhu sangat dingin yakni berkisar 21,5 derajat celsius. Jadi, buat kamu yang mau berkunjung ke lokawisata ini jangan lupa kenakan jaket ya.

 

Pemandangan kebun teh dan jalanan (cet.co.id)

Untuk menuju ke tempat wisata ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi baik mobil ataupun motor. Jika datang bersama rombongan, kamu bisa menggunakan bus. Nggak perlu khawatir, akses menuju area wisata sudah sangat baik kok.

Nah, untuk kamu pengguna setia transportasi umum, kamu bisa menggunakan bus untuk mencapai lokasi wisata. Dari Kota Karanganyar kamu bisa naik bus jurusan Tawangmangu lalu turun di Terminal Karangpandan.

Setelah sampai, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan bus mini jurusan Terminal Kemuning dengan harga Rp 5 ribu untuk umum dan Rp 2 ribu untuk pelajar. Jika kamu nggak mau naik bus lagi, kamu bisa menggunakan ojek yang siap mengantarmu langsung ke lokasi Kebun Teh Kemuning.

Menurut laman wisatapedi.com (07/03/2017), selain perkebunan teh, ada beberapa titik lokasi wisata yang menarik. Salah satu yang paling populer adalah Kali Pucung. Di sana kamu bisa menikmati beberapa wahana yang seru, lo. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan antara lain flying fox, river tubing, naik kuda, paint ball, dan berenang.

Kamu juga nggak perlu bayar tiket masuk ke area ini alias gratis. Kamu hanya dipungut biaya jika ingin melakukan aktivitas outbond seperti yang telah disebutkan di atas. Objek wisata seluas 437 hektare ini buka setiap hari dari pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Jika kamu mengunjungi tempat ini pada bulan April – Juni, kamu akan menemukan banyak para pekerja pabrik teh sedang memetik daun teh pada pagi hingga siang hari. Pemandangan perkebunan juga tampak lebih hijau yang bagus banget buat latar belakang fotomu.

Salah satu spot foto di Kebun Teh Kemuning (reresepan.com)

Area wisata ini juga menyediakan beberapa fasilitas antara lain hotel, rumah makan, tempat parkir, toilet, musala, dan toko oleh-oleh. Kalau kamu ingin merasakan menginap di area pegunungan, hotel di sana menawarkan harga Rp 100 ribu hingga Rp 600 ribu per malam.

Baca juga:
Pesona Laguna di Pantai Bopong
Ketika Kereta Api Melintas di Dekat Pantai Jodo

Resto Kemuning juga menawarkan menu yang sangat bervariatif mulai dari ayam, sayur, hingga ikan. Setelah kenyang makan, sebelum pulang nggak lengkap rasanya kalau belum beli oleh-oleh. Baik di Kali Pucung maupun di dekat Resto Kemuning banyak pedagang yang menjual teh Kemuning dengan harga Rp 20 ribu per bungkus.

Nah, itu dia gambaran dari objek wisata Kebun Teh Kemuning di Karanganyar ini. Di sana kamu bisa menikmati pemandangan indah, fasilitas yang lengkap, suasana yang sejuk, wahana yang seru, dan harga yang murah meriah.

Yakin deh, liburan di Kebun Teh Kemuning nggak bakal bikin kamu nyesal deh. (IB13/E02)