Pesona Embung Kledung Bikin Kamu Lupa Sedang di Temanggung

Pesona Embung Kledung Bikin Kamu Lupa Sedang di Temanggung
Embung Kledung (travelingyuk.com)

Embung Kledung di Temanggung memiliki keindahan alam yang nggak kalah dengan keindahan alam luar negeri. Di sana, kamu bisa menemukan cantiknya perpaduan antara Gunung Fuji di Jepang dan rimbunnya gunung ala Swiss.

Inibaru.id – Di Temanggung, ada sebuah embung bening dengan pemandangan yang ciamik. Embung Kledung, demikian namanya, menyuguhkan cantiknya Gunung Sindoro dari kejauhan. Saking indahnya, kamu mungkin akan lupa bahwa embung dan gunung ini berada di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. He-he.

http://4.bp.blogspot.com/-LjkbSEX4HRA/UzJNMSLAyII/AAAAAAAAAPk/w9MHtmh2vjY/s1600/IMG04441-20140301-1325.jpg

Papan nama Embung Kledung (raditcathouse.blogspot.com)

Embung seluas 6.889 meter persegi ini sejatinya berfungsi sebagai penampung air pada musim kemarau. Namun, lantaran pemandangannya yang menakjubkan, banyak orang datang untuk mengabadikan diri dengan latar embung ini, lengkap dengan gunung di belakangnya.

Nggak hanya itu, kamu juga bisa menyaksikan puluhan ikan yang acap muncul di permukaan ketika ada orang mendekat. Jadi, kamu bisa berfoto dengan "paket" komplet, mulai dari embung yang bening, gunung menjulang, dan ikan-ikan yang cantik.

http://liburs.com/wp-content/uploads/2018/06/Lokasi-Dan-Rute-Ke-Embung-Kledung-Temanggung4-630x380.jpg

Cantik banget kan? (liburs.com)

Di sekitar area embung, terdapat beberapa jenis tanaman yang ditanam penduduk setempat. Tadinya, penduduk hanya menanam tembakau. Seiring berjalannya waktu, mereka kemudian menanam berbagai buah, bunga, dan sayuran.

Nah, saat ini Pemkab Temanggung dan Yayasan Obor Tani Semarang terus berencana mengembangkan kawasan ini menjadi agrowisata agar bisa bersaing dengan objek wisata lain, Millens! Wah, makin asyik, nih!

Yang bikin kamu lupa kalau sedang berada di Temanggung adalah indahnya barisan pepohonan cemara dan kebun teh di sekitar embung tersebut. Hm, serasa berada di tengah pegunungan di Eropa.

https://mbakfajriitut.files.wordpress.com/2015/06/6459884_20140404055220.jpg

Barisan pepohonan cemara membuat tempat ini seperti di pegunungan Swiss. (mbakfajriitut.wordpress.com)

Selain Embung Kledung, daya tarik lain kawasan ini adalah Gunung Sindoro. Dari kejauhan, gunung ini sekilas tampak seperti Gunung Fuji di Jepang, apalagi kalau kamu ke sana saat senja menjelang. Dijamin, suasana romantisnya bakal terasa banget!

https://i1.wp.com/intanaerum.com/wp-content/uploads/2017/09/DSCF6132-2.jpg?resize=697%2C393&ssl=1Seorang pengunjung berpose di tepi Embung Kledung. (intanaerum.com)

Tertarik mengunjungi Embung Kledung? Untuk mencapai tempat ini, rute yang kamu lewati nggak susah, kok. Dari Yogyakarta, kamu cukup mengambil rute ke Wonosobo dengan waktu tempuh sekitar 2,5-3 jam saja. Sementara, kalau kamu berangkat dari Semarang, waktu yang kamu lewati lebih pendek, yakni dua jam saja.

Kalau ke sana, sebaiknya kamu nggak lupa membawa bekal, ya. Terus, bawa juga tikar untuk menggelar piknik di sana. Tapi, ingat, jangan nyampah! Selamat berlibur! (IB15/E03)