Masih Asri, Begini Pesona Curug Duwur di Bantarbolang Pemalang

Sudah tahu belum kalau di Pemalang ada air terjun yang keren? Kalau belum, intip informasinya di bawah ini, yuk!

Masih Asri, Begini Pesona Curug Duwur di Bantarbolang Pemalang
Curug Duwur masuk dalam alternatif wisata di Kabupaten Pemalang. (Instagram/kapiten_b)

Inibaru.id – Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah nggak cuma punya kuliner khas berupa nasi grombyang saja, lo. Di kabupaten itu, kamu juga bisa berwisata alam. Salah satu wisata alam yang patut dikunjungi adalah Curug Duwur.

Berlokasi di Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang, curug ini cukup recommended bagi kamu yang melancong ke Pemalang. Curug itu terkesan masih alami dengan pepohonan hijau yang mengelilingi daerah sekitar curug. Air terjun ini mengucur di antara bebatuan cokelat yang sebagian ditutupi tumbuhan paku-pakuan.

Pengunjung bisa berenang di area curug yang sejuk. (Maszaladventure)

Dinamai Curug Duwur karena air terjunnya cukup tinggi, sesuai dengan kata “duwur” dalam bahasa Jawa yang berarti tinggi. Meski tinggi, curug ini aman kok buat kamu yang hobi loncat indah. Kedalaman sungai di bawah aliran air terjun cukup aman buat mendaratkan tubuhmu. Eh, tapi kalau nggak jago renang, jangan coba-coba ya!

Akses menuju lokasi Curug Duwur terhitung mudah. Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, cukup mengikuti petunjuk yang ada di peta daring atau petunjuk manual buatan masyarakat.

Kamu juga bisa memanfaatkan angkutan umum menuju air terjun cantik itu. Dari Pemalang, kamu hanya perlu naik bus menuju Desa Wanarata, lalu lanjutkan perjalananmu dengan ojek. Kendati begitu, kamu tetap nggak bisa sampai lokasi menggunakan kendaraan karena lokasi curug hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki. Kamu perlu menitipkan kendaraan di tempat parkir yang tersedia.

Kamu harus melewati hamparan sawah untuk menuju lokasi dengan jalan kaki (Maszaladventure)

Dari tempat parkir, kamu mesti berjalan kaki melewati pematang sawah yang luas nan hijau. Kamu juga akan berjumpa dengan hutan pinus sebelum sampai curug. Karena medannya lumayan beragam dan cukp menanjak, sebaiknya hindari memakai sepatu yang licin, ya.

Kamu juga bisa berswafoto sepanjang perjalanan. Pastikan baterai kameramu penuh ya supaya bisa mengakomodasi keinginan fotomu. Kalau perlu, bawalah baterai dan memory card cadangan! Ha-ha.

Oiya Millens, Curug Duwur sudah dibekali dengan fasilitas yang cukup, lo. Di sekitar curug ada musala, warung makan, tempat istirahat, dan WC/MCK. Area parkirnya pun luas kok. Tiket masuknya juga lumayan murah yakni Rp 5 ribu/orang. Lumayan untuk melepas penat di akhir pekan, to? (IB23/E04)