Persiapan-Persiapan Sebelum Melakukan Liburan Bertema Detoks Digital

Persiapan-Persiapan Sebelum Melakukan Liburan Bertema Detoks Digital
Meditasi menjadi salah satu langkah awal sebelum kamu melakukan detoks digital. (Saltandwind)

Nggak sekadar memencet tombol off pada gawai, memulai detoks digital itu nggak sembarangan. Tanpa persiapan, bisa-bisa rencanamu mejadi gagal total.

Inibaru.id - Jika kamu sudah merasa hidupmu monoton, penuh dengan tekanan, cemas, dan depresi, barangkali kamu perlu untuk melakukan detoks digital. Letakkan sejenak gawaimu, dan mulailah lebih dekat dengan diri sendiri, orang-orang yang kamu cinta, dan lingkungan sekitar.

Hm, untuk orang yang sudah addicted pada gawai, melakukan detoks digital atau ritual “cabut kabel” bukan sesuatu yang mudah, lo. Tapi, daripada maju mundur untuk memulainya, ada baiknya kamu lakukan hal-hal ini terlebih dahulu.

Mengakui Bahwa Kamu Memang Membutuhkannya

Sadarilah terlebih dahulu bahwa belakangan ini kamu merasa lelah bahkan kurang tidur karena gawaimu yang selalu aktif. Rasakan sudah sejauh apa dunia maya merenggut tubuh dan pikiranmu, Millens. Setelah itu, yakinkan diri, melakukan detoks digital memang nggak mudah di awal, tapi perlahan bakal membuat jiwamu tenang.

Membuat Rencana

Ambil kalender dan berkomitmenlah untuk melakukan detoks digital, misalnya pas hari libur seperti sekarang ini. Sebuah penelitian menunjukkan, kemungkinan besar kamu akan berhasil mewujudkan rencana jika menuliskan dan mengumumkannya.

So, nggak ada salahnya kamu umumkan rencana liburan bertema detoks digitalmu kepada keluarga dan teman-teman. Siapa tahu ada yang mau ikutan? Ha-ha.

Biarkan Mereka Tahu

Dengan membuat pengumuman di Facebook atau Twitter misalnya, teman-teman bahkan atasanmu nggak akan bertanya-tanya ke manakah gerangan dirimu. Memberi tahu mereka sejak awal bakal membuatmu semakin santai saat menikmati hari bebas perangkat teknologi.

Melakukan Meditasi

Sisihkan waktu sebelum memulai detoks digital untuk benar-benar berpikir tentang sesuatu atau goal yang kamu butuhkan. Sebuah niat dapat menjadi alat yang cukup kuat untuk mewujudkan sesuatu, kan?

Itulah beberapa hal penting yang bisa kamu lakukan untuk memulai rencana besarmu: liburan bertema detoks digital. Semoga berhasil dan meraih kembali jiwamu yang sehat dan pikiranmu yang segar ya, Millens! (IB20/E03)