Menembus Hutan Kluwung demi Curug Lojahan

Menembus Hutan Kluwung demi Curug Lojahan
Curug Lojahan. (Instagram/wahyu.kurniaji)

Curug Lojahan bisa menjadi salah satu tujuan rekreasimu jika sedang berkunjung ke Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Meski harus melewati berbagai rintangan, tak akan menyesal saat sampai di air terjun tersebut.

Inibaru.id – Keindahan Curug Lojahan di foto membuat siapapun pengin mendatanginya. Namun, nggak sedikit yang gagal berada di bawah air terjun tersebut lantaran nggak membawa peralatan trekking memadai.

Yap, kendati curug sudah terlihat jelas di depan, banyak pengunjung yang terpaksa mengurungkan niat lebih mendekatkan diri ke air terjun. Ini karena untuk berada di bawah air terjun, pengunjung harus menuruni tebing batu yang curam dan cukup licin dengan peralatan trekking.

Namun, jika kamu suka berpetualang, curug di Desa Kalitengah, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, itu sudah pasti bakal cocok buatmu. Butuh waktu hampir dua jam perjalanan menembus Hutan Kluwung, plus menuruni tebing setinggi 15 meter untuk tiba di Curug Lojahan.

Curug Lojahan (Instagram/zlatantaimmovic)

Oya, sebelum menaklukkan curug ini, pastikan kamu memiliki keberanian serta fisik yang kuat. Medan yang kamu tempuh bakal cukup berat. Pengunjung yang menyambangi Curug Lojahan juga nggak cukup banyak. Maka, pastikan keselamatan jadi yang utama, dan jangan memaksakan diri.

Dari pemukiman penduduk hingga ke Curug Lojahan memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan jalur yang cukup ekstrem dan menguras tenaga. Pastikan kamu membawa tali untuk menuruni tebing. Kamu yang terbiasa naik gunung tentu tahu gimana harus bersikap.

Semua usahamu bakal terbayar tuntas begitu kamu tiba di depan air terjun setinggi lebih dari 40 meter itu. Hampir semua yang ada di sana masih tampak begitu alami lantaran lokawisata air tersebut memang nggak banyak dikunjungi wisatawan.

Curug Lojahan. (Instagram/afifsalman_)

Untuk kamu penyuka tantangan dan petualangan, tempat ini patut untuk dikunjung. Gimana, siap berpetualang? (IB24/E03)