Pergi Berlibur, Enaknya Pakai Agen Travel atau Atur Keperluan Sendiri?

Agen travel jadi pilihan sebagian orang saat hendak berlibur. Namun, ada pula orang yang merasa layanan ini bikin mereka lebih boros ketimbang mengatur segala keperluan sendiri. Sebenarnya, apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan pilih agen atau atur sendiri?

Pergi Berlibur, Enaknya Pakai Agen Travel atau Atur Keperluan Sendiri?
Merencanakan liburan? Suka sendiri atau pakai travel agent? (Pixabay/DariuszSankowski)

Inibaru.id – Saat musim liburan tiba, sebagian orang yang hendak melancong akan dihadapkan pada pelbagai kegalauan. Salah satu kegalauan yang sering terjadi adalah apakah lebih baik mengurus segala keperluan sendiri atau menggunakan jasa agen travel?

Nah, kalau kamu termasuk yang sedang galau menghadapi masalah tersebut, beberapa hal ini mungkin bisa jadi pertimbanganmu dalam menentukan pilihan. Yuk, simak dulu tips-tips berikut!

Harga dan Kenyamanan

Dengan mengatur akomodasi liburanmu sendiri, kamu pun memiliki kebebasan untuk mengatur berapa biaya yang kamu keluarkan.

Kamu bisa menentukan penginapan mana saja yang paling murah hingga jenis transportasi apa yang nggak menguras kantong. Sayang, harga murah nggak selalu menghadirkan kenyamanan.

Sebaliknya, kalau kamu  nggak pengin ribet, menggunakan jasa agen travel memang paling pas. Agen travel biasanya menjalin kerja sama dengan beberapa penginapan hingga penyedia transportasi.

Semua layanan ini pun akan diusahakan membuat pengguna jasa merasa nyaman. Dari segi biaya, kamu juga tinggal memilih biaya mana yang sesuai dengan bujetmu kok.

Fleksibilitas

Mengatur liburanmu sendiri bikin kamu lebih fleksibel dalam menentukan jadwal. Sementara, ini berlaku sebaliknya kalau kamu memilih menggunakan agen travel. Yap, karena kamu harus memilih jadwal yang telah mereka susun, kemudian memilih mana yang paling sesuai dengan waktu luangmu.

Maka, kalau kamu merencanakan liburanmu jauh-jauh hari bersama keluarga, agen travel jelas bisa kamu andalkan. Namun, kalau lebih suka dengan petualangannya, mengatur liburan sendiri mungkin lebih baik.

Bebas Pilih Tujuan Wisata

Kalau kamu tipe yang suka bereksplorasi, agen travel tentu bakal sedikit membosankan bagimu. Dengan menyusun liburanmu sendiri, kamu bebas menentukan mau ke mana saja di kota tujuanmu.

Sebaliknya, kalau kamu lebih suka liburan yang terstruktur, agen travel bisa membantumu menentukan tempat wisata mana saja yang bagus untuk dikunjungi.

Nah, kamu tim "Pilih Sesuka Hati" atau tim "Terencana dengan Rapi"? Apapun pilihanmu, yang penting tetap bersikap sopan harus tetap kamu lakukan di mana pun berada. Dan ingat, jangan merusak objek wisata yang kamu kunjungi ya, Millens! Happy weekend! (IB15/E03)