Perempuan Traveling Sendirian, Siapa Takut?

Perempuan melakukan solo travel, kenapa nggak? Eits, tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar perjalanan tetap aman dan nyaman. Apa saja? Yuk, simak ulasan tips berikut ini!

Perempuan Traveling Sendirian, Siapa Takut?
Traveler perempuan. (Pixabay.com)

Inibaru.id – Menjadi solo traveler merupakan hal yang sangat menantang. namun, terkadang para perempuan enggan melakukannya karena khawatir dengan keamanan diri. Padahal, solo travel bakal mengajak kamu untuk melihat lebih detail hal-hal di sekitar kamu, lo. Kamu juga bisa bertemu orang-orang baru dan mendapat pengalaman nggak terlupakan.

Lantas, bagaimana ya agar perjalanan kita aman? Nah, ada sejumlah tips dari Akupaham.com (23/11/2017) yang bisa kamu jadikan acuan sebelum melakukan perjalanan. Check it out!

Rencanakan kegiatan perjalanan dengan matang

Rencanakan perjalanan. (Moneycrashers.com)

Agar perjalanan kamu nyaman, rencanakan setiap kegiatan jauh-jauh hari. Kamu bisa memastikan transportasi, memesan tiket, lalu mencari tempat menginap sembari mencari review terkait destinasi yang kamu tuju. Kamu juga bisa membuat daftar itinerary, lo.

Beritahu keluarga dan teman tentang rencana perjalanan

Mengabari teman. (shutterstock.com)

Komunikasi yang baik dengan keluarga dan orang-orang terdekat lainnya akan mempermudah mereka untuk memastikan kondisi kamu. Nggak mau, kan, orang tua menjadi khawatir lantaran kita nggak memberitahu posisi kita?

Be brave and act like local

Menyatu dengan penduduk lokal. (Pixabay.com)

Wajar saja kamu merasa asing dengan tempat baru. Namun, kamu perlu membuang jauh-jauh rasa takut dan cemas. Sikap berani dan percaya diri amat dibutuhkan agar kamu bisa beradaptasi dengan baik di tempat yang kamu kunjungi. Yap, bersikaplah seperti penduduk lokal yang nggak bingung dengan hal-hal di sekitarnya. Upaya ini bisa membantu kamu untuk terhindar dari sasaran kejahatan juga, lo.

Temui orang-orang baru

Bertemu dengan orang baru. (oneclassblog.com)

Dengan keberanian yang kamu miliki, jangan malu-malu untuk berkenalan dengan orang baru. Kamu bisa mengobrol banyak hal, bahkan berbagi informasi mengenai tempat yang sedang kalian kunjungi. Apalagi, kalau ternyata kalian adalah sama-sama perempuan yang sedang melakukan solo travel. Nah, perjalanan bakal jadi menarik, kan?

Menjauhi pantangan-pantangan ini

Jangan keluar pada malam hari. (hearstapps.com)

Kalau nggak benar-benar perlu, hindari keluar pada larut malam. Jika terpaksa, pastikan ada teman. Oya, hindari melewati jalanan yang sepi dan gelap juga. Ingat juga untuk nggak berpakaian terlalu mencolok, misalnya tampil dengan banyak perhiasan.

Amati sekitar

Solo traveler. (Pixabay.com)

Kendati sendirian, kamu nggak boleh lantas mengabaikan sekitarmu, ya. Kamu harus tetap sadar dan peka terhadap keadaan sekitar. Kalau mulai muncul sesuatu yang nggak beres, kamu bisa segera mencari bantuan. Jaga pula agar uang tetap aman dengan meletakkannya di tempat berbeda. Terakhir, perhatikan minuman dan makanan agar kamu terhindar dari niat buruk apa pun.

Nah, semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu untuk menjadi solo traveler, ya! Jadi, nggak perlu takut lagi, deh, Millens. (IB08/E03)