Penyuka Fotografi Bawah Air Wajib Datang ke Umbul Manten

Penyuka Fotografi Bawah Air Wajib Datang ke Umbul Manten
Umbul Manten. (Dolan Yok)

Bergaya di dalam air lalu difoto nggak cuma bisa dilakukan di bawah laut saja. Saat ke Klaten, cobalah melakukan pemotretan bawah air di Umbul Manten yang airnya superbening.

Inibaru.id - Di Klaten, kita sudah sering mendengar ketenaran Umbul Ponggok dan Umbul Sigedang. Kejernihan air kedua tempat itu selalu berhasil membuat para wisatawan untuk nyemplung dan berlama-lama ngadem di sana. Tapi, air jernih bagai kaca di Klaten nggak cuma ada di tempat-tempat itu.

Ada sebuah tempat bernama Umbul Manten yang menawarkan “kolam renang” yang nggak kalah segar dan jernih. Umbul Manten ini awalnya belum begitu dikenal banyak orang. Tapi, berkat unggahan netijen di laman-laman media sosial, tempat yang juga disebut sebagai Embung Manten ini jadi kondang.

Satu hal yang menjadi daya tarik tempat ini adalah kebeningan airnya. Pokoknya, cocok banget jadi rujukan buatmu yang menyukai fotografi bawah air, deh. Air di situ sangat jernih sampai ke dasar kolam. Pohon-pohon besar di pinggir kolam juga menambah rasa sejuk dan syahdu.

Umbul Manten. (Klatenia)

Oia, kenapa namanya Umbul Manten? Karena mitosnya, dulu kala ada sepasang pengantin (manten) yang hilang di kolam itu. Percaya atau nggak, yang wajib kamu lakukan adalah menjaga tempat itu agar selalu bersih dan asri ya, Millens. Jika ada yang sembarangan membuang sampah, para pengelola di sana nggak segan untuk menegur.

Umbul Manten ini berlokasi di Desa Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Berada di antara dua kota yang terkenal akan pariwisatanya, yaitu Yogyakarta dan Solo, Umbul Manten di Kota Klaten berpotensi besar menjadi tujuan orang-orang yang mau berlibur.

Nah, biar gayamu maksimal saat datang ke sana, persiapkan dulu propertinya ya. Apa itu? Pertama, kamu harus membawa baju ganti. Kedua, tentu saja kamera bawah air. Jika dua benda itu sudah ada, maka siapkan ekspresi terbaikmu untuk dijepret. (IB20)