Penat Perjalanan Mudik, Menepilah Sejenak di Tuk Mudal di Tegal

Penat Perjalanan Mudik, Menepilah Sejenak di Tuk Mudal di Tegal
Tuk Mudal di Tegal. (Instagram)

Pengin ke wisata air di Tegal tapi bosan ke pemandian air panas Guci? Cobalah kunjungi telaga kecil di ujung selatan Kabupaten Tegal. Namanya Telaga Mudal atau Tuk Mudal. Hm, seberapa menarik?

Inibaru.id – Arus mudik memang membuat kita terasa terburu-buru. Jika kamu mulai merasa penat, cobalah menepi sejenak mencari lokawisata alam di sekitar kota yang kamu singgahi. Nah, kalau kebetulan kamu ada di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Tuk Mudal mungkin bisa kamu pilih.

Berada di Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa, telaga ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi warga lokal dan wistawan untuk berkunjung. Hawa sejuk yang menyergapmu di tempat ini dijamin bakal membuatmu lebih rileks setelah berjam-jam berkendara.

Lantaran berlokasi di Desa Cempaka, selain Tuk Mudal, sebagian orang juga ada yang menyebutnya Telaga Cempaka atau Telaga Air Cempaka.

Konon, nama “Cempaka” diambil dari nama bunga yang ditanam Mbah Suluk, seorang wali dari Cirebon yang selain mengajarkan Islam juga berkontribusi membangun mata air di tempat tersebut untuk warga desa.

Tuk Mudal bukanlah cerukan yang cukup besar karena luasnya nggak lebih dari 15 meter persegi. Telaga ini juga nggak terlalu dalam, hanya sepinggang orang dewasa. Namun, fungsi telaga sebagai sumber pengairan sawah warga membuat mata air ini begitu penting.

Untuk menikmati keindahan telaga, kamu bisa duduk-duduk di pondok kayu dan sejumlah bangku cantik di tepi telaga. Namun, jangan bermain air ya. Dingin!

Suasana pedesaan di Desa Cempaka dijamin bakal menyejukkan hatimu, hingga kamu siap untuk berkendara lagi meneruskan mudik ke kampung halaman. Hati-hati di jalan ya, Millens! (IB20/E03)