Pelancong, Jangan Tinggalkan Plastik Kosong!

Pelancong, Jangan Tinggalkan Plastik Kosong!
Selain diet plastik, membersihkan plastik di tempat wisata juga bisa dilakukan. (Inthesnow)

Sampah plastik menjadi masalah di mana saja, termasuk di tempat wisata. Perlu usaha untuk menguranginya, mulai dari memunguti sampah yang ada hingga tak menyumbang sampah ke sana. Yang terakhir tentu lebih mudah, karena sendirian pun kita bisa melakukannya.

Inibaru.id - Kerusakan yang banyak terjadi di tempat wisata seharusnya mejadi perhatian siapa saja yang menjadikan traveling sebagai salah satu hobinya. Maka, berinvestasilah pada barang-barang traveling yang nggak sekali pakai, atau setidaknya nggak mengotori lokawisata.

Yap, membuat gerakan kebersihan di tempat wisata bukanlah perkara mudah. Namun, paling nggak, kamu bisa melatih dirimu agar tak memperburuk keadaan dengan mengurangi sampah atau nggak menghasilkannya sama sekali. Hm, gimana caranya?

Anti-plastik

Alat makan seperti sendok, piring atau sedotan di tempat makan biasanya terbuat dari plastik. Sekilas, peralatan itu ringkas, tapi sulit sekali diurai. Maka, bawalah sendiri alat makan dan minummu. Kalaupun terpaksa memakai plastik, gunakan seminimal mungkin dan bawalah pulang sampahnya.

Alangkah lebih baik kalau kamu bisa meminta makananmu dikemas dalam karton atau kamu membawa boks makan atau tumbler sendiri.

Korek Api Isi Ulang

Kendati korek api kayu dianggap zadul dan ribet, ini lebih baik ketimbang kamu membawa korek plastik dan meninggalkannya di tempat wisata. Jangan menyumbang sampah plastik sekecil apapun itu!

Waktu Khusus untuk Makan

Jika terpaksa membeli makanan di tempat wisata, lebih baik kamu memakannya di tempat ketimbang dibawa pulang. Maka, sediakan waktu khusus untuk makan di tempat menggunakan peralatan makan yang disediakan tempat makan.

Bawa Perlengkapan Mandi Sendiri

Hotel biasanya menyediakan peralatan mandi dalam kemasan plastik di setiap kamarnya. Biarkan peralatan itu dan bawalah sendiri perlengkapan mandimu. Sediakan ruang di koper untuk ini.

Menginap dan Makan di Tempat yang Peduli Lingkungan

Sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, beberapa hotel dan tempat makan mulai mengurangi sampah plastik dengan menanggalkan peralatan makan sekali pakai dari plastik. Bahkan, ada pula yang memberi insentif bagi siapapun yang membawa peralatan sendiri. Maka, pilihlah tempat itu jika memungkinkan!

Kita nggak tahu kapan bumi bakal menyerah mengolah sampah plastik. Maka, adalah tugas kita untuk nggak lebih membebani ibu pertiwi dengan barang-barang itu. Sepakat? (IB20/E03)