Mau Lihat Batu Purbakala? Ke Watu Bahan di Pekalongan Deh!

Di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah terdapat sebuah tebing yang tersusun dari bebatuan purbakala. Namanya Wisata Watu Bahan. Seperti apa keunikannya?

Mau Lihat Batu Purbakala? Ke Watu Bahan di Pekalongan Deh!
Wisata batu purbakala, Watu Bahan di Pekalongan, Jawa Tengah. (pekalongankab.go.id)

Inibaru.id – Di Pekalongan ada objek wisata yang ramai dikunjungi warga karena keunikannya, yaitu Watu Bahan di kawasan Perhutani Desa Lemah Abang, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Millens, Watu Bahan merupakan tumpukan bebatuan persegi yang membentuk sebuah tebing. Lantaran batu-batu tersebut berukuran besar, banyak anggapan bahwa itu adalah batu peninggalan zaman purbakala. Karena merupakan situs peninggalan sejarah, Pemerintah Kabupaten Pekalongan mulai menggarap potensi wisata serta menjadikan Watu Bahan sebagai wisata unggulan.

Wisata Watu Bahan di Pekalongan. (pekalongankab.go.id

Oya, Wisata Watu Bahan ini juga memiliki keunikan. Berupa apa? Batu-batunya yang berbentuk persegi enam dan persegi panjang.

Nah, batu-batu tersebut menyerupai balok yang tertata secara rapi dan menghasilkan perpaduan indah. Watu Bahan memiliki panjang sekitar 100 meter serta tinggi sekitar puluhan meter.

Karena batu alam di hutan lindung ini menyerupai batu menhir, banyak arkeolog yang datang untuk melakukan penelitian. Hasil penelitihan mereka menyebutkan, Watu Bahan merupakan buatan alam karena belum ditemukan adanya campur tangan manusia maupun kebudayaan kuno. Mengutip antaranews.com, Watu Bahan terbentuk akibat pahatan magma atau larva yang keluar melalui sela-sela batu selama jutaan tahun.

Curug (air terjun) Watu Bahan. (pekalongankab.go.id)

Nah, selain tebing bebatuan, kamu juga bisa menikmati air terjun yang mengalir di sela-sela tebing tersebut. Mengutip pekalongankap.go.id, masyarakat setempat menamakan curug a.k.a air terjun ini dengan sebutan Watu Bahan yang berasal dari kata watu (batu) dan bahan (bahan baku).

Penasaran? Jika ingin ke sana, kamu bisa melalui jalan ke arah Pasar Doro terlebih dulu sampai masuk ke Desa Doro. Setelahnya, kamu akan sampai di tempat wisata tersebut dengan waktu tempuh sekitar 5 menit dari tempat parkir.

Eits, tunggu apa lagi? Jika berada di Kabupaten Pekalongan, kamu wajib mampir ya untuk melihat keunikan yang ada di Watu Bahan. (IB11/E02