Kepincut Ketenangan Pantai Batu Topeng Karimunjawa

Rindu dengan suasana pantai? Cobalah berkunjung ke Pantai Batu Topeng. Pesona pantai di sana bakal bikin kamu nggak mau beranjak pergi.

Kepincut Ketenangan Pantai Batu Topeng Karimunjawa
Pantai Batu Topeng (daftarpantaiindah.web.id)

Inibaru.id – Siapa yang tak kenal dengan Karimunjawa? Yap, gugusan kepulauan yang terkenal akan keindahan pantainya ini memang jadi “surga” bagi para pencinta pantai. Ada banyak sekali pantai cantik yang bisa kamu kunjungi di sana, salah satunya Pantai Batu Topeng.

Di sana, hamparan pasir putih siap menemani perjalan Sobat Millens menyusuri pantai. Ada juga deretan nyiur yang berbaris rapih di sepanjang bibir pantai. Yang menarik adalah barisan pohon kelapa tersebut tumbuh menjulur ke arah pantai sehingga kita bisa berteduh di bawahnya jika tak ingin tersengat sinar matahari.

Sama seperti pantai di Karimunjawa yang lain, arus gelombang Pantai Batu Topeng juga amat tenang. Karena itu, pantai ini amat cocok untuk menenangkan diri sambil menikmati panorama indah. Nah, kalau kamu ingin menikmati ketenangan di sana, cobalah datang saat pagi atau siang hari karena pada saat itu wisatawan belum ramai mengunjungi Pantai Batu Topeng.

Seorang pengunjung berpose di Pantai Batu Topeng. (yukpiknik.com)

Untuk mencapai ke sana, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Karimunjawa. Pantai ini berada persis di sebelah utara Pantai Tanjung Gelam. Namun, kamu harus hati-hati, Millens, karena akses jalan ke Pantai Batu Topeng masih berupa tanah dan belum dibangun jalan. Jadi, akan sangat licin jika dilalui setelah hujan turun.

Spot favorit di Pantai Batu Topeng adalah sebuah gazebo yang berada di atas bebatuan. Bebatuan tersebut ada di antara air laut yang lokasinya nggak jauh dari bibir pantai. Jadi, kamu bisa menikmati sensasi bersantai di gazebo yang di kelilingi air laut pantai yang berwarna biru bergradasi hijau.

Gazebo Pantai Batu Topeng (travelingdonk.com)

Dari gazebo, beberapa terumbu karang juga bisa kamu lihat dengan mata telanjang. Selain itu, menunggu sunset atau matahari terbenam dari gazebo juga asik. Memang, matahari terbenam Pantai Batu Topeng jadi primadona para turis.

Asal Usul

Pantai yang berlokasi di Desa Alang-alang, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, ini memang memiliki nama yang cukup unik. Nah, perlu kamu tahu nih, seperti ditulis Piknikasik.com, nama Pantai Batu Topeng diambil dari bentuk bebatuan yang ada di pantai itu yang meyerupai topeng. Inilah asal usul penamaan Pantai Batu Topeng.

Pantai Batu Topeng yang tenang. (Gituaja.com)

Oya, kalau kamu mau ke sana, jangan lupa pesan es kelapa muda, Millens. Dijamin harimu akan tetap segar meski berjemur di bawah sinar matahari yang menyengat.

Selain minuman, beberapa makanan seperti gorengan, mie instan, dan ikan bakar juga bisa kamu beli di tempat tersebut. Murah, sederhana, tapi tetap nikmat. Penduduk lokal dari Karimunjawa yang menjualnya langsung di sana, loh. Yuk ah, berangkat kita ke Pantai Batu Topeng! (IB06/E06)