Berbentuk Undakan, Curug Sewu Jadi Rujukan Wisata Alam di Kendal

Pengin berwisata alam tapi bosen dengan objek yang itu-itu saja? Coba deh ke Curug Sewu! Air terjun berundak ini cocok dijadikan referensi wisata buatmu yang ingin melepas penat di Kabupaten Kendal.

Berbentuk Undakan, Curug Sewu Jadi Rujukan Wisata Alam di Kendal
Kondisi alam Curug Sewu yang masih asri. (Triptrus)

Inibaru.id – Selain Pantai Cahaya, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah juga punya sejumlah wisata alam yang menarik. Salah satunya adalah Curug Sewu yang unik daripada air terjun lain. Curug Sewu juga merupakan salah satu objek wisata alam unggulan yang dimiliki Kabupaten Kendal.

Berlokasi di Desa Sewu, Kecamatan Patean, Curug Sewu punya daya pikat tersendiri bagi para pelancong. Berbeda dengan air terjun lain yang ketinggiannya seragam, Curug Sewu justru berundak. Curug yang paling tinggi mencapai ketinggian 40 meter, di bawahnya ada yang memiliki tinggi 20 meter, dan yang paling rendah yakni 15 meter. Curug Sewu juga lebih lebar dari air terjun biasa dan aliran airnya deras.

Dari Kota Semarang, Curug Sewu bisa kamu tempuh dalam waktu dua jam. Sampai di area parkir, kamu masih harus melewati anak tangga yang cukup curam untuk mencapai curug. Lumayan jauh sih tapi semua itu terbayar begitu sampai di lokasi air terjun.

Keindahan curug sewu yang asri dengan suasana yang sejuk. (cara-gugel.blogspot.com)

Selain air terjun, kamu juga bakal dimanjakan dengan hutan pinus di sekitar curug, Millens. Di sekeliling curug, ada pula kolam renang dan kebun binatang mini, lo. Jadi, di satu lokasi, kamu bisa melakukan banyak hal.

Anak tangga menuju curug yang licin dan cukup curam. (cireboner.com)

Bagi kamu yang doyan berfoto, ada menara pandang yang bisa kamu gunakan. Keindahan curug itu juga semakin lengkap dengan fasilitas toilet dan tempat ibadah yang memadai.

Eits, tapi kamu harus berhati-hati ya saat berlibur di Curug Sewu karena treknya lumayan licin. Lebih baik, pakailah alas kaki antiselip supaya nggak tergelincir.

Menara pandang untuk menikmati panorama di sekitar curug. (Eksplorewisata)

Sudah lengkap, biaya masuknya juga murah lagi yakni Rp 5 ribu per orang. Biaya itu sudah meliputi asuransi, lo. Meski sudah ada asuransi, pasti nggak ada kan yang pengin celaka di curug? Jadi, ada baiknya menaati peraturan yang telah dibuat pengelola.

Gimana cukup recomended kan? Jangan lupa masukkan Curug Sewu ke dalam daftar tempat yang kamu kunjungi saat berlibur ke Kendal, ya! (IB23/E04)