Pandanaran Sky Bridge, Jembatan Estetik dan Spot Foto Unik di Kota Semarang

Pandanaran Sky Bridge, Jembatan Estetik dan Spot Foto Unik di Kota Semarang
Pandanaran Sky Bridge menjadi daya tarik baru bagi masyarakat untuk berekreasi. (Inibaru.id/ Audrian F)

Kota Semarang memiliki jembatan unik yang bernama Pandanaran Sky Bridge. Meskipun fungsi utamanya untuk fasilitas penyeberangan, tampilannya yang futuristik dan instagenik membuat jembatan Pandanaran ini ramai dikunjungi masyarakat untuk mengabadikan diri.

Inibaru.id - Pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran seringkali dianggap menjadi biang kemacetan. Parkir yang nggak rapi menjadi salah satu penyebabnya. Karena itu, 2019 silam dibangunlah gedung parkir yang letaknya nggak jauh dari lokasi tersebut.

Terletak di sebelah kantor Bank BRI KC, gedung parkir tersebut memiliki 10 lantai yang bisa menampung mobil dan motor. Yang istimewa, adanya Jembatan Pandanaran Sky Bridge yang menghubungkan gedung parkir tersebut dengan pusat oleh-oleh.

Setelah dibuka untuk umum, Pandanaran Sky Bridge ini menjadi tempat rekreasi favorit untuk warga Semarang. Beberapa kali melintasi kawasan ini, jembatan selalu dipenuhi warga. Penasaran, saya mengunjunginya pada Jumat (13/2).

Sejumlah pengunjung Pandanaran Sky Bridge sedang mencoba mengabadikan diri. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Sejumlah pengunjung Pandanaran Sky Bridge sedang mencoba mengabadikan diri. (Inibaru.id/ Audrian F)

Belakangan Pandanaran Sky Bridge memang menjadi daya tarik. Alasan utamanya nggak lain adalah tampilannya yang estetis. Selain itu warna-warni lampu dari merah, ungu,hijau, biru, oranye, silih berganti menghiasi. Kalau kamu mau naik ke jembatan, tersedia lift dan tangga yang melingkar.

Selain memiliki bentuk yang indah, jembatan ini juga dilengkapi dengan balkon yang menghadap ke Jalan Pandanaran. Di bawah jembatan terdapat pula taman untuk bersantai.

Pandanaran Sky Bridge dari tampak dari atas Gedung Parkir Pandanaran. (Inibaru.id/ Adurian F)<br>
Pandanaran Sky Bridge dari tampak dari atas Gedung Parkir Pandanaran. (Inibaru.id/ Adurian F)

Sebagian besar pengunjung yang datang ke Pandanaran Sky Bridge adalah untuk berfoto-foto ria. Saking bagusnya, mereka nggak cuma berswafoto tapi juga menjadikan jembatan sebagai lokasi pemotretan model dan pre-wedding. Wah!

Malam itu saya bertemu Hanifa, mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro saat sedang berada di dalam lift menuju Pandanaran Sky Bridge. Dia mengaku tahu tempat ini dari foto-foto di sosial media.

“Mau foto-foto. Kayaknya bagus kalau buat background foto,” ujar perempuan asal Banten itu.

Seorang ibu dan anaknya sedang berswafoto di Pandanaran Sky Bridge. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Seorang ibu dan anaknya sedang berswafoto di Pandanaran Sky Bridge. (Inibaru.id/ Audrian F)

Menurut Antonius Hendro Sulistiyo, Analis Bangunan Gedung dan Permukiman pada Dinas Penataan Ruang Kota Semarang, saat malam hari melewati jam-jam aktif, Pandanaran Sky Bridge akan ditutup dan dijaga sejumlah petugas.

Hal itu dilakukan untuk menjaga jembatan tetap terawat. Pasalnya, sempat ada tuna wisma yang tidur di sana. Jadi begitu ya, Millens. Yuk, sama-sama jaga ikon baru ini! (Audrian F/E05)