Paket Lengkap, Wisata Religi Sekaligus Menikmati Senja di Pantai Utara Pemalang

Paket Lengkap, Wisata Religi Sekaligus Menikmati Senja di Pantai Utara Pemalang
Selain ziarah, di sini kamu juga bisa menikmati indahnya pantai, lo. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Berziarah ke makam Syekh Maulana Samsudin di Pemalang ini kamu bakal mendapatkan paket lengkap wisata religi serta wisata bahari sekaligus. Selepas berziarah, kamu bisa menikmati Pantai Widuri secara gratis dan beli udang goreng yang superkriuk. Penasaran?

Inibaru.id - Jika berkunjung ke Pemalang, sempatkan untuk berziarah ke Makam Syekh Maulana Samsudin yang terletak di Jl. Yos Sudarso, Pencolotan, Sugihwaras, Pemalang ini. Beda dengan wisata religi yang lain, di tempat keramat ini kamu akan mendapatkan paket lengkap wisata religi sekaligus menikmati pantai secara gratis.

Yap, sore itu saya baru pertama kali berkunjung ke makam syekh yang konon punya ilmu meniti angin tersebut. Saya yang berkunjung pasa Senin sore itu pun harus bergantian dengan peziarah lain untuk memanjatkan doa di pelataran makam.

Eits, jangan terburu-buru pulang selepas berziarah. Di seberang makam syekh Maulana Samsudin terdapat pantai yang sayang jika nggak turut dijamah. Berjuluk Pantai Widuri, pantai berpasir hitam ini sekilas nggak terlalu menarik.

Golden sunset di Pantai Widuri bisa bikin tone fotomu ciamik. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Namun jika kamu berkunjung pada sore hari, kamu akan mendapati pemandangan yang luar biasa. Yap! Golden sunset di Pantai Widuri bakal bikin efek cahaya di fotomu tambah ciamik.

Kebanyakan yang berkunjung ke pantai memang peziarah yang lepas memanjatkan doa di makam. Nggak heran, pengunjung yang masih bersarung atau bergamis turut mewarnai pemandangan sepanjang pantai.

Meski pemandangannya biasa saja, namun pantai ini lumayan minim sampah plastik lo, Millens! Bahkan beberapa anak kecil nampak nggak tahan untuk tidak bermain-main dengan ombak di tepi pantai. Jadi jika kamu ingin bermain air, saya sarankan jangan lupa untuk membawa baju ganti ya. He he

Oh ya, kamu nggak akan dikenai tiket ketika masuk ke Pantai Widuri lo. Kamu cuma perlu membayar sekitar Rp 2 ribu - Rp 5 ribu saja untuk parkir kendaraan. Kapan lagi berziarah dapat bonus masuk pantai yang gratis seperti ini?

Oleh-Oleh Unik

Selain itu, yang menarik dari pantai ini adalah deretan penjual ikan dan udang goreng yang mengular di sepanjang pantai. Kira-kira belasan orang dengan tumpukan olahan hasil laut yang menggunung ini berlomba menawarkan dagangannya kepada peziarah yang melintas.

sebagai oleh-oleh kamu bisa memilih udang goreng yang superkriuk ini. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Pedagang disini mengaku bahwa olahan yang dijual punya kaitan erat dengan Syekh Maulana Samsudin lo. Konon, dia suka sekali menyantap hasil laut. Nggak heran, pedagang di sini memilih untuk menjual hasil laut dari Pantai Widuri ini.

Harganya pun cukup terjangkau lo, Millens! Mulai Rp 15 ribu saja, kamu sudah bisa mendapatkan seperempat kilogram olahan hasil laut ini lo. Dijamin nggak ribet, bisa langsung hap!

Nampaknya wisata religi yang saya kunjungi ini merupakan wisata paling lengkap yang pernah saya dapatkan. Gimana nggak, masuk pantai gratis dan beli oleh-oleh enak jadi bonus plus plus yang saya dapatkan selepas berziarah. Jadi tertarik berziarah dan berwisata di Pemalang Utara? (Zulfa Anisah/E05)