NTT Puncaki Daftar Best Value Place to Visit in 2020 Versi Lonely Planet

NTT Puncaki Daftar Best Value Place to Visit in 2020 Versi Lonely Planet
NTT dinobatkan sebagai salah satu tempat yang penting untuk dikunjungi pada 2020 versi Lonely Planet. (Stringersize)

Bukan Bali, Lombok, atau Jogja, Nusa Tenggara Timur (NTT) justru yang paling direkomendasikan Lonely Planet untuk dikunungi wisatawan di tahun ini. Ada apa sih di NTT?

Inibaru.id – Pariwisata Indonesia makin di lirik dunia. Namun, kali ini bukan Bali atau Lombok yang dielu-elukan keindahannya, melainkan Nusa Tenggara Timur (NTT). Provinsi yang berada di Indonesia bagian timur ini masuk dalam daftar Best Value Place to Visit in 2020 versi Lonely Planet. Nggak tanggung-tanggung, NTT memuncaki daftar 10 tempat teratas yang direkomendasikan, lo!

Pemeringkatan ini dilakukan Lonely Planet, perusahaan yang merilis buku panduan perjalanan dan media perjalanan terbesar di dunia. Tiap tahun, perusahaan yang bermarkas di Melbourne, Australia ini selalu mengeluarkan rekomendasinya mengenai tempat-tempat di dunia yang patut dikunjungi.

Danau Kelimutu adalah salah satu daya tarik wisata di Nusa Tenggara Timur. (Penyukajalanjalan)
Danau Kelimutu adalah salah satu daya tarik wisata di Nusa Tenggara Timur. (Penyukajalanjalan)

Berdasarkan data yang dirilis di laman Lonelyplanet (22/10/2019), NTT menggeser kedudukan Lembah Nil Selatan, Mesir, yang memuncaki daftar kategori yang sama pada 2019.

Lonely Planet memilih NTT dengan pertimbangan biaya yang lebih murah dibanding dengan tempat wisata lainnya seperti Bali. Meski demikian, keindahan NTT nggak kalah dengan Bali.

“Perubahan nilai tukar dolar akan mempengaruhi biaya perjalanan seperti harga makanan dan akomodasi.  Namun, biaya bukan satu-satunya alasan. Meskipun beberapa destinasi terasa lebih mahal, uang wistawan akan lebih sedikit dibandingkan dengan destinasi yang sama di tahun sebelumnya. Salah satunya adalah NTT yang sering dilupakan dari pada Bali. Namun, kalau melakukan perjalanan sendiri itu berarti uang yang dikeluarkan lebih sedikit,” ujar Direktur Konten Lonely Planet Evan Godt.

Selain biaya perjalanan yang terjangkau, NTT juga menyuguhkan ketenangan bagi para wisatawan karena nggak seramai Bali. Pulau ini juga memiliki pantai-pantai yang masih alami dan bisa dijadikan tempat menyelam.

Labuan Bajo adalah salah satu spot snorkeling favorit di NTT. (Komodonow/Tatawa)
Labuan Bajo adalah salah satu spot snorkeling favorit di NTT. (Komodonow/Tatawa)

Selain NTT, Lonely Planet juga merekomendasikan sembilan tempat lainnya. Di bawah NTT ada Budapes, Hungaria. Lalu secara berurutan disusul Madhya Pradesh, India; Bufallo, New York; Azerbaijan; dan Serbia. Sementara itu, peringkat enam diduduki Tunisia kemudian Afrika Selatan; Athena, Yunani; dan Zanzibar, Tanzania.

Nah, ini tandanya kamu nggak perlu jauh-jauh liburan ke luar negeri, Millens! Jelajahi dulu alam Indonesia yang keindahannya sudah diakui dunia seperti NTT ini. Hayo, jadi kapan nih mau berkunjung ke NTT? (IB03/E03)