Bila Pengin Liburan Bersama Rombonganmu Lancar, Perhatikan Hal-Hal Berikut

Bila Pengin Liburan Bersama Rombonganmu Lancar, Perhatikan Hal-Hal Berikut
Tips liburan bersama rombongan. (Ccsc)

Berlibur bersama rombongan memang terdengar seru dan ramai. Namun, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan kalau nggak mau liburanmu bersama rombongan menjadi ribet dan berantakan.

Inibaru.id – Berlibur dengan banyak orang alias rombongan tampak ramai dan seru. Namun, nggak mudah menjalaninya Millens. Alih-alih menyenangkan, liburanmu bakal amburadul bila kamu dan rombongan nggak akur.

Hal-hal yang membuat nggak akur bisa berasal dari perbedaan gaya traveling atau masalah-masalah kecil yang terjadi saat berada di objek wisata. Egoisme setiap orang juga berpengaruh dalam suksesnya liburanmu bersama rombongan. Nah, supaya liburanmu bersama rombongan tetap seru dan menyenangkan, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Menentukan Ketua Kelompok

Ketua kelompok bertugas mengoordinasikan rombongan. (Familygoers)

Satu hal yang perlu kamu sadari yakni pergi bersama rombongan nggak sebebas seperti saat liburan seorang diri. Ada kepentingan bersama yang harus dipikirkan untuk menghargai kebutuhan dan keinginan setiap peserta. Karena itulah kehadiran ketua sangat penting untuk mengoordinasikan acara, mengawal tiap diskusi, dan mengambil keputusan terbaik setelah diadakannya diskusi.

Catat Nomor Telepon Penting

 Catat nomor telpon penting. (TribunTravel/Gigih Prayitno)

Sebelum berada di tempat wisata, wajib buatmu memiliki setiap nomor penting yang terlibat dalam perjalanan rombongan. Baik itu anggota, ketua, sopir, atau pemandu wisata. Hal ini akan berguna untuk menjaga komunikasi jika terjadi hal-hal yang nggak diinginkan. Kamu juga nggak perlu khawatir bila mungkin terpisah dengan rombongan karena bisa menghubungi sewaktu-waktu. Eits, tapi pastikan baterai hapemu penuh ya, Millens.

Setiap Orang Harus Mengenali Destinasi Wisata

Gunakan Buku Panduan Wisata. (Anugroshomestay)

Pastikan setiap orang di rombonganmu sudah dibekali informasi tentang tempat wisata yang dikunjungi. Kamu juga bisa membawa peta atau buku panduan yang disediakan tempat wisata. Dengan penjelasan yang yang ada di buku, kamu nggak akan kebingungan saat berada di objek wisata meski terpisah dari rombongan. Kamu dan rombongan juga akan memahami risiko atau bahaya yang ada pada objek wisata.

Saling Membuat Kesepakatan Terkait Jam Bebas

 

Melakukan kesepakatan untuk bertemu di titik yang sama.(Nugrahatheo)

Saat berlibur bersama rombongan, pastikan setiap anggota punya jam bebas. Kamu bisa memanfaatkan jam bebas dengan jalan-jalan seorang diri di lokasi wisata. Karena berpisah dengan rombongan, ada baiknya kamu dan teman-teman melakukan kesepakatan untuk bertemu lagi di satu tempat pada jam tertentu.

Menggunakan Baju Seragam

 

Menggunakan seragam berlibur untuk satu rombongan.(Instagram/mom_ayting92)

Penggunaan baju yang seragam ini cukup menguntungkan kalau kamu bingung mencari di mana posisi rombonganmu. Bagi ketua kelompok, penggunaan seragam juga membantu pengawasan ketika rombongan tiba di tempat wisata.

Bekerja sama

Bekerja sama dengan peserta serombongan. (Femina.co.id)

Bekerjasamalah dengan rombonganmu saat berada di tempat wisata. Kamu bisa bekerja sama dalam membawa barang-barang atau mengurus sesuatu yang nggak bisa dilakukan ketua kelompok seorang diri. Selain dapat meringankan pekerjaan, bekerja sama juga akan membuatmu akrab dengan peserta lain yang mungkin nggak dekat denganmu.

Memanfaatkan Diskon Rombongan

Manfaatkan diskon belanja rombongan.(Halomoney)

Keuntungan pergi berlibur bersama rombongan adalah kamu bisa menikmati diskon berbelanja yang ditawarkan tempat wisata atau pusat oleh-oleh. Diskon ini biasanya harus diatur sebelum hari keberangkatan tapi jika tidak memungkinkan, kamu dapat bertanya langsung kepada petugas yang bersangkutan.

Berlibur dengan rombongan punya keuntungan sekaligus kekurangan, Millens. So, persiapkan liburanmu secara matang dan rapi supaya nggak berantakan bahkan berakhir dengan perseteruan. Selamat berlibur! (IB07/E04)