Ngaku Takut Corona tapi Nggak Pakai Masker, di Situ Saya Merasa Entah

Ngaku Takut Corona tapi Nggak Pakai Masker, di Situ Saya Merasa Entah
Masyarakat terdampak yang bandel tak mau pakai masker. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Orang-orang yang saya temui ini mengaku takut kena corona tapi kedapatan nggak pakai masker. Bagaimana ceritanya mereka nggak membekali diri dengan masker yang sangat krusial belakangan ini? 

Inibaru.id - Terkadang, saya tak percaya masih ada orang yang enteng menanggapi bahaya corona. Orang-orang ini misalnya. Santai sekali mereka duduk-duduk di pinggir jalan, tanpa masker pula! Mereka berada di zona merah dan sudah seharusnya berhati-hati bukan? Hal ini membuat saya tergelitik untuk mencari tahu.

“Punya masker, kebetulan ini ketinggalan di rumah," aku Khoiriyah. Hm, oke. Saya juga pernah lupa. Itu sangat manusiawi. 

“Biasanya juga pakai,” timpal Sulimah yang duduk di samping Khoiriyah.

Selain mereka berdua, ada pula Bejo, seorang tukang becak asal Demak yang biasa mangkal di Jalan Pandanaran. Mungkin karena dia lagi tak ada penumpang, laki-laki ini tak pakai masker, pikir saya. 

“Sumpek og pakai masker,” kata lelaki ini tanpa beban. Saya hanya bisa geleng-geleng mendengar alasan Bejo. Saya juga semakin yakin masih banyak orang yang abai pada protokol pencegahan penyebaran Covid-19 di zona merah sekalipun. Miris ya, Millens? 

Khoiriyah juga takut dengan corona meski tak pakai masker. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)
Khoiriyah juga takut dengan corona meski tak pakai masker. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Lebih terkejut lagi saat saya mengetahui mereka juga takut tertular Covid-19. Apalagi mereka berusia uzur sehingga rentan. 

Khoiriyah yang saat itu menunggu bantuan di pinggir jalan dari pagi hingga sore ini misalnya. Dirinya mengaku takut dengan virus corona. Apalagi tempat tinggalnya nggak jauh dari RSUP Karyadi, salah satu rumah sakit rujukan corona di Kota Semarang.

“Takut tapi lupa nggak bawa, semoga waras sehat terus,” aku perempuan 67 tahun ini.

Kompak, Sulimah yang setiap hari ngetem bersama Khoiriyah pun demikian. Meski hari itu dia keluar tanpa masker, dia berharap agar selalu diberi kesehatan.

Jawaban serupa saya dapati dari Bejo. Dia yang enggan memakai masker karena sumpek ini mengaku takut dengan corona karena menurutnya ketakutan akan penyakit merupakan sifat alami manusia.

“Sama corona ya jelas takut, sifat alami manusia,” tuturnya.

Dari hasil obrolan bersama ketiga orang tadi saya merasa bingung. He. Kamu jangan lupa pakai masker ketika keluar rumah ya, Millens! (Zulfa Anisah/E05)