Mengunjungi MURI, Mengobarkan Semangat Kebanggaan Nasional
Tampak depan MURI di Semarang. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Mengunjungi MURI, Mengobarkan Semangat Kebanggaan Nasional

Cuma ada 3 Museum Rekor Indonesia, yakni di Jakarta, Malang, dan Semarang. Tempat yang menampilkan ratusan rekor yang berasal dari seluruh Indonesia ini bakal bikin kamu tambah bangga dengan Indonesia.

Inibaru.id - Sudah ada agenda untuk mengisi libur lebaran dan sekolah? Kalau belum, kamu bisa datang ke museum yang satu ini. Jarang diakses oleh masyarakat sekitar, MURI layak banget kamu kunjungi kalau kamu sedang berada di Semarang. Terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan No. 275, museum yang satu ini nggak sulit untuk ditemukan karena ada di pinggir jalan besar.

Sesuai namanya, museum ini berisi kumpulan dokumentasi rekor MURI dari seluruh Indonesia. Rekor yang ditampilkan di sini beraneka ragam lo Millens! Mulai dari budaya, kuliner, teknologi, manusia, sosial, dan lain-lain. Saking banyaknya rekor yang dicetak, dijamin kamu akan tambah bangga dengan Indonesia.

Galeri MURI yang menampilkan berbagai rekor di Indonesia. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Untuk memudahkanmu, kamu juga bisa mencari berbagai rekor di Indonesia dari 2 monitor yang ada di ruang pameran. Nggak hanya itu, kamu bisa menikmati keindahan Indonesia lewat anantarupa VR tour. Dengan menggunakan teknologi virtual reality, kamu akan serasa berada di tempat lain. Salah satu video yang disuguhkan oleh teknologi ini adalah diving di perairan Bali dengan keindahan terumbu karangnya.

Augmented reality yang bisa ditemukan dalam beberapa gambar yang dipamerkan. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Meskipun pihak museum hanya memasang ratusan dokumentasi rekor yang pernah dicatat oleh MURI, tapi hal ini nggak akan bikin kamu selesai menelusurinya dalam sesaat saja. Pasalnya rekor yang berhasil dipecahkan ada ribuan. Pihak pengelola mengaku, setiap bulan sekali diadakan pergantian gambar yang lebih baru.

Berada di dalam museum ini akan bikin kamu tambah cinta dengan Indonesia. Kamu bisa menemukan keragaman budaya, manusia, kuliner, dan penemuan-penemuannya dalam satu ruangan. Rasa banggamu akan bertambah jika melihat kota atau tokoh kesukaanmu juga turut mendapatkan penghargaan.

Beberapa dokumentasi rekor yang ditampilkan. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Di Indonesia, kamu cuma bisa menemukan 3 MURI aja lo Millens! Semarang adalah satu kota selain Jakarta dan Malang. Spesialnya di museum yang terletak di Semarang ini, kamu nggak perlu membeli tiket masuk untuk menikmati museum. Wah, kabar baik buatmu yang suka gratisan nih. Hahaha

Untuk bisa menikmati fasilitas yang ada di museum, kamu bisa berkunjung di hari Senin – Jumat pukul 10.00 – 16.00 WIB saja ya. Letak gedung persis bersebelahan dengan pabrik jamu jago. Cukup izin dengan satpam yang sedang berjaga, kamu bisa menikmati MURI sepuasya. Nah jadi gimana, menarik banget kan? (Zulfa Anisah/E05)